Electronic Resource
Upaya guru al-qur'an hadis dalam meningkatkan hafalan al-qur'an siswa melalui program tahfiz di Mts 1 negeri probolinggo
MTs Negeri 1 Probolinggo merupakan lembaga pendidikan Negeri tingkat menengah di bawah naungan kementerian agama kabupaten probolinggo yang mengupayakan pelayanan pendidikan yang komprehensif dan optimal mulai dari penanaman krakter (Character building), pengembangan bakat dan minat, pengembangan sains dan teknologi, serta yang tidak kalah pentinga dalah penanaman sikap keagamaan terhadap anak didik. Selainitu MTs Negeri 1 Probolinggo mempunyai program ekstra.Yaitu tahfiz, yang mana setiap siswa di beri pilihan untuk memilih dan mengikuti salah satu program tersebut. Mengingat betapa pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan harapan setiap orang tua, masyarakat dan membantu terwujudnya tujuan pendidikan nasional, Pendidikan Agama Islam harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya.
Pada kenyataannya, siswa di MTs Negeri 1 Probolinggo tidak semuanya bisa dan mampu untuk menghafalkan surat surat pendek khususnya juz 30 sebagai langkah awal dari menghafal al-Qur’an 30 juz, ada pula sebagian siswa yang tidak mampu menghafal al-Qur’an 30 juz dalam waktu 3 tahun, Selain itu juga ada sebagian siswa yang berhenti mengikuti program tahfiz tanpa memberikan alasan kepada guru pembinanya, Bahkan ada juga alasan karena di suruh berhenti oleh orang tuanya untuk mengikuti program tahfiz tersebut.
Dari permasalahan diatas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut dan mencari pemecah masalah guna meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Negeri 1 Probolinggo, sehingga tidak ada kata kurang maksimal dalam penghafalah Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan permasalahan penelitian bersifat kompleks, holistic, dinamis.Sehingga dalam penelitian deskriptif-kualitatif yang menjadi tujuannya adalah ingin menggambarkan realita sempiris yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada secara mendalam, rinci dan tuntas.
Penelitian studi kasus adalah studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam, dan menyertakan berbagai sumber informasi. Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus yang dipelajari berupa program, peistiwa, aktivitas, atau individu. Maka pada penelitian studi kasus ini dilakukan pada MTs Negeri 1 Probolinggo untuk mengetahui upaya guru meningkatkan hafalan al-qur’an siswa melalui program tahfiz.
143306178 | 14 MOC u 178 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain