Electronic Resource
UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN FURUDHUL AINIYAH MELALUI PROGRAM MADRASAH DINIYAH SISWA SMP NURUL JADID PAITUN PROBOLINGGO
Lembaga madrasah diniyah adalah tempat untuk memperdalam keagamaan, dan mengajarkan ilmu agama bagi peserta didik, lembaga ini bisa menjadikan siswa atau peserta didik tahu hukum-hukum islam dan dasar-dasar islam dan adapun materi fiqih adalah bagian dari pendidikan agama islam yang mengajarkan hubungan makhluknya dengan penciptanya, materi furudhul ainiyah menekankan peserta didik tahu cara melakukan ibadah dengan benar dan sempurna, dan membekali peserta didik agar mengetahui dan memahami dasar-dasar hukum islam secara terperinci dan menyeluruh. Dan adapun Kegiatan furudhul ainiyah adalah kegiatan wajib yang harus diikuti bagi semua siswa baik dari kelas satu sampai kelas tiga, dengan adanya melaksanakan kewajiban dari Pondok Pesantren Nurul Jadid maka pihak sekolah saling bekerjasama dengan yayasan untuk pelaksanaan furudhul ainiyah yang bertujuan menjadikan siswa bisa memperdalam ilmu-ilmu agama yang di terapkan di masyarakat.
Adapun rumusan masalah ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana pemahaman furudhul ainiyah melalui program madrasah diniyah siswa SMP Nurul Jadid, dan bagaimana program madrasah diniyah dapat meningkatkan pemahaman furudhul ainiyah peserta didik siswa SMP Nurul Jadid.
Untuk mencapai diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis study kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan interview, observasi, dokumentasi. Data dianalisis menggunkan display data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.lembaga madrasah diniyah sangat penting bagi peserta didik untuk menambah wawasan keagamaan dan mengetahui dasar-dasar agama islam. 2.bahwa pemahaman furudhul ainiyah peserta didik masih kurang dalam hal praktik. 3.dan penggunaan metode demonstrasi dan praktik masih jarang dilakukan kepada peserta didik
143306188 | 14 SAI u 188 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain