Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANTU BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA BERMASALAH DI SMP HIDMATUL HIKAM ALASSUMUR LOR BESUK PROBOLINGGO TAHUN 2017-2018

Lailatul Jannah - Nama Orang;

Permasalahan yang ada diSMP Hidmatul Hikam, seperti siswa yang sering bolos, dan siswa yang berkata-kata kotor didalam kelas, dilingkungan sekolah, maupun dirumah, dengan adanya permasalahan itu bimbingan dan konseling bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul, bukan hanya tanggung jawab guru bimbingan dan konseling saja, akan tetapi semua guru yang ada disekolah juga bertanggung jawab terutama guru agama, karna guru agama yang mengajarkan pengetahuan agama kedalam pribadi peserta didik, dan menjadikan peserta didik mempunyai akhlak yang baik melalui keteladanan yang diberikan oleh guru.

Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui peran guru agama Islam dalam membantu bimbingan dan konseling siswa bermasalah di SMP Hidmatul Hikam 2. Untuk faktor pendukung dan penghambat peran guru agama Islam dalam membantu bimbingan dan konseling siswa bermasalah di SMP Hidmatul Hikam.

Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru PAI, guru BK, dan siswa, jadi penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : 1. Peran guru PAI dalam membantu bimbingan dan konseling siswa bermasalah di SMP Hidmatul Hikam , a) guru sebagai pemberi teladan, b) guru sebagai pembimbing. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam membantu bimbingan dan konseling siswa bermasalah di SMP Hidmatul Hikam, a) faktor pendukung yaitu; sarana yang memadai, adanya petugas yang menjaga gerbang, Adanya peraturan dan sanksi yang tegas dari sekolah, adanya dukungan diantara para guru, dan Dukungan dari wali anak didik, b) faktor penghambat yaitu; kurangnya kesadaran diri siswa, kurangnya keteladanan dari orang tua di rumah.


Ketersediaan
143306237Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 LAI p 237
Penerbit
: ., 2018
Deskripsi Fisik
82hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membantu Bimbingan Dan Konseling Siswa Bermasalah.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik