Electronic Resource
IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUL HIKMAH PESISIR BESUKI SITUBONDO
Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran santri, diharapkan guruatau ustadz menggunakan metode pembelajaran yang tepat, karena selama ini ustasd belum menggunakan suatu model atau metode pembelajaran yang mampu meningkatkn kemampuan membaca al-Quran santri, sekaligus melatih dan mengembangkan kemampuan santri dalam membaca al-Quran dengan baik dan benar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri yaitu melalui model atau metode Jibril. Metode jibril adalahmerupakan motode yang mudah untuk memperoleh partisipasi kelompok karena memberikan kesempatan kepada setiap santri untuk menjadi ustadz bagi santri yang lain. Model pembelajaran ini disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Metode yang sangat sesuai untuk diterapkan di sebuah pesantren bila dilihat dari sutuasi dan kondisi sebuah Pesantren. Seperti yang dihasilkan oleh data peneliti bahwa pengaruh metode Jibril yang diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Hikmah sangat sesuai dan meningkatkan kualitan pembelajaran santri dalam membaca al-Qur’an.
Tujuan dalam penelitian ini: Pertama, Untuk mendeskripsikan proses implementasi metodejibril dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Pesisir Besuki Situbondo. Kedua, Ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Pesisir Besuki Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian iniadalah guru/ustadz dan para santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data mengacu pada teknik analisa data model dari Miles danHubberman.
Sedangkan hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi metode jibril dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Pondok Putra Ponpes Nurul Hikmah dapat dikatakan telah memenuhi prosedur dari tahapan demi tahapan dari langkah-langkah yang terdapat pada metode jibril sangat baik dan lancar terbukti dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh pengurus pesantren bahwa rata-rata seluruh santri yang dinyatakan lulus dari total keseluruhan santri adalah 85%.
Dengan adanya sistem penerapan metode jibril di Pondok Pesantren Nurul Hikmah ini sangat membantu terhadap perkembangan membaca al-Qur’an santri, dari aspek kelancran membaca al-Qur’an sampai kefasihan membaca santri.
143306189 | 14 SAM i 189 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain