Electronic Resource
STATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN MINAT SISWA PADA KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP ISLAM PAITON PROBOLINGGO
Minat siswa di SMP Islam Paiton dalam mengikuti kegiatan keagamaan kadang mengalami pasang surut. Ada kalanya semangat itu datang menggebu-gebu, dengan penuh antusias mereka mengikuti kegiatan tersebut. Akan tetapi, tak jarang anak didik mengalami kehilangan semangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Hari-hari di sekolah hanya dilewatkan dengan bermain, tidur, dan bahkan ada yang tak ingin melakukan apa-apa.
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian Stategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Minat Siswa Pada Kegiatan Keagamaan di SMP Islam Paiton Probolinggo. Tujuan penelian ini adalah Untuk memahami strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan keagamaan di SMP Islam Paiton Probolinggo, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan keagamaan di SMP Islam Paiton Probolinggo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian adalah (1) Strategi guru PAI dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan keagamaan di SMP Islam Paiton Probolinggo sudah berjalan cukup baik, hal ini dibuktikan dengan keikutsertaan pihak sekolah dalam mendukung penuh terhadap pelaksanaan kegiatan, adanya perubahan-perubahan baik selama proses pelaksanaan kegiatan keagamaan yang ada di SMP Islam Paiton yang terjadi dari dulu hingga sekarang. Contohnya seperti, banyak prestasi yang sudah diraih oleh sekolah dalam kegiatan keagamaan seni baca al-Qur'an khususnya, dan semangat siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Dari contoh-contoh tersebut dapat terbukti bahwa pelaksanaan kegiatan keagamaan dapat dikategorikan sudah berjalan dengan cukup baik. (2) Adapun Faktor pendukung strategi guru PAI dalam mengembangkan minat siswa pada kegiatan keagamaan di SMP Islam Paiton Probolinggo yaitu adanya kemampuan/kompetensi dan pengalaman guru, anak rajin berlatih dan belajar, minat siswa tinggi, latar belakang yang baik dalam membaca al-Qur’an, kepedulian orang tua, adanya motivasi yang tinggi, keinginan dan kesungguhan guru untuk mengembangkan bakat siswa dibidang keagamaan. Sedangkan faktor penghambat yaitu Minimnya waktu siswa untuk belajar, Siswa kurang percaya diri, Sarana prasarana madrasah yang kurang mendukung, dan, malasnya siswa.
143306185 | 14 NAS s 185 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain