Electronic Resource
Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2017-2018).
Muzammil. 2018. Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa di SMP Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2017-2018). Skrpsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolingo. Pembimbing: (I) H. MUHAMMAD MUNIF, M.Pd.I (II) SYAIFUL ISLAM, M.Pd.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, karakter disiplin, siswa.
SMP Nurul Jadid merupakan salah satu diantara sekian lembaga formal yang merupakan salah satu sekolah faforit dengan pola pembinaan dan pengajaran yang mengedepankan pendidikan yang berbasis keagamaan. Pelaksanaan program keagamaan siswa oleh guru trutama guru PAI merupakn program utama untuk meningkatkan karakter disiplin dan kecerdasan spiritual siswa. Akan tetapi penerapan program-program yang ada belum bisa sepenuhnya merubah diri siswa.
Berkenaan dengan ini, dilakukan penelitian yang memfokuskan pada dua persoalan, yaitu: Pertama, apa saja upaya yang di lakukan guru PAI dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di SMP Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2017-2018. Kedua, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan karakter disiplin siswa di SMP Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2017-2018.
Penelitian ini menggukan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hal itu diharap dapat mengungkap kenyataan-kenyataan di lapangan secara luas, mendalam, dan nyata. Sehingga dapat ditarik kesimpulan yang dapat di pertanggung jawabkan. Adapun sampel yang peneliti ambil yaitu guru PAI dan kepala sekolah di SMP Nurul Jadid Karanganyar Paiton Probolinggo. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan iyalah miles and huberman sedangkan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian peneliti tentang upaya guru PAI dalam meningkatkan karakter disiplin siswa yang pertama yaitu melibatkan pengawasan dari orang tua siswa, membuat koordinator kedisiplinan, membuat jurnal kemajuan siswa, mengawal tatib sekolah, mengadakan kegiatan program berkala. Kedua yaitu pendukung : a. Ada kerja sama antara sekolah dengan pondok. b. Adanya keikut sertaan orang tua siswa. Penghambat : banyaknya alasan dari siswa.
143306168 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain