Electronic Resource
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Pada pembiayaan Layanan Berbasis Jama'ah (LASISMA) (Studi Kasus BMT NU Cabang Bungatan Situbondo)
ABSTRAK
Misriyah Aminatul, 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Keputusan Nasabah Pada Pembiayaan Layanan Berbasis Jama’ah
(Lasisma) (Studi Kasus BMT NU Cabang Bungatan Situbondo), Skripsi
Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid
(UNUJA). Pembimbing: (1) Drs. Imam Supriyadi, M.Th.I (2) Ahmad
Fawaid, M.Th.I.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pembiayaan, Murabahah
Keberhasilan suatu lembaga keuangan adalah suatu kesuksesan yang
dicapai melalui pelayanan atau produk yang ditawarkan. Banyak masyarakat
saat ini yang membutuhkan biaya baik untuk keperluan produksi maupun untuk
tambahan modal. Hal ini menjadi target utama bagi BMT NU, karena tujuan
utama BMT NU memajukan perekonomian masyarakat kecil dan membantu
melepas masyarakat tersebut dari pinjaman dengan bentuk riba yang terjadi pada
lembaga-lembaga keuangan konvensional pada umumnya.
Memahami perilaku konsumen dan mengenal nasabah merupakan tugas
penting bagi produsen, untuk itu pihak produsen atau perusahaan yang menjual
atau menghasilkan suatu produk yang sasarannya pada konsumen harus
memiliki strategi yang jitu. Pembiayaan merupakan aktifitas yang menyalurkan
dana kepada pihak lain selain berdasarkan prinsip syari’ah. Penyaluran dana
dalam bentuk pembiayaan didasarkan pada kepercayaan yang diberikan oleh
pemilik dana kepada pengguna dana.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Faktorfaktor apa saja yang membuat nasabah mengambil pembiayaan di BMT NU
Cabang Bungatan Situbondo? Kedua, Faktor apakah yang lebih dominan
sehingga nasabah memilih pembiayaan Layanan Berbasis Jama’ah (LASISMA)
di BMT NU Cabang Bungatan Situbondo?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Dari sisi pendekatan kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah
terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Berkaitan dengan ini, hasil penelitian yang peneliti temukan menunjukkan
bahwa yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam mengambil pembiayaan
Layanan Berbasis Jama’ah (LASISMA) di BMT NU Cabang Bungatan,
mayoritas karena himpitan dan desakan ekonomi, bagi hasil yang tidak tinggi
dan bisa dijangkau, juga karena kekurangan untuk modal produksinya. Karena
BMT NU Cabang Bungatan juga mengutamakan service excellent, Hal ini
membuat BMT NU cabang Bungatan dapat bersaing dan menguasai pasar.
142801653 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain