Electronic Resource
MODEL KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID MASA BAKTI 2013 - 2018
BSTRAK
Husnan Ariful Abadi, 2018. Model Kepemimpinan Demokratis
Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah
Aliyah Nurul Jadid (MANJ). SKRIPSI, Jurusan Manajeman Pendidikan
Islam, Program sarjana S1. Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Dosen pembimbing I: Achnad Fawaid, M.A, M.A. Pembimbing II: Nurul
Huda, M.Fil.
KATA KUNCI: Kepemimpinan Demokratis Kepala
Madrasah, Mutu Pendidikan
Mutu pendidikan merupakan konskuensi lansung dari suatu
perubahan dan perkembangan aspek berbagai kehidupan. Tuntutan
terhadap mutu pendidikan tersebuat menjadi syarat penting untuk dapat
menjawab tantangan, perubahan dan perkembangan dunia pendidikan.
Ada beberapa gaya atau model kepemimpinan kepala madrasah dalam
mengembangkan jati dirinya terhadap pendidikan. Maka atas dasar itu
peneliti memfokuskan pada: (1) bagaimana mutu pendidikan di madrasah
aliyah Nurul Jadid (2) bagaimana model kepemimpinan demokratis kepala
madrasah di MANJ. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeksrepsikan
Mutu pendidikan di MANJ (2) Untuk mendeksrepsikan implementasi
model kepemimpinan demokratis kepala madrasah di MANJ.
Penelitian ini, adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan
dengan rancanga studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan tiga teknik yaitu: (1) pengamatan terlibat, (2) wawancara
mendalam(interview), (3) Dokumentasi. Setalah data terkumpul data
terlebih dahulu diola(data processing), kemudian dilanjutkan proses
editing, kemudian dilanjutkan dengan pemberian coding. Langkah
slanjutnya adalah pemeparan data keseluruhan secara sistematis dan yang
terkahir penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mutu pendidikan di
madrasah aliyah nuruljadid dapat dikatakan sangat baik. Dilihat dari
output madrasah aliyah nurul jadid memiliki penegembangan iptak dan
iptek yang baik sesuai dengan pedoman pondok pesantren nurul jadid. Dan
mampu bersaing dikanca internasional dari berbagai ajang prestasi dan
output madrasah aliyah nurul jadid banyak di terima dan di tunggu oleh
perguruan tinggi yang bermutu seperti UIN Syarif Hidayatullah Jakartaviii
dan perguruan tinggi lainnya. Dimana Madrasah Aliyah Nurul Jadid
mempunyai sarana-prasarana yang memadai untuk menunjang wawasan
siswa/i dan staf, dewan guru yang sesuai dengan kompetensi jurusannya
masing-masing.
(2) Model kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam
meningkatkan Mutu pendidikan di madrasah aliyah nurul jadidcenderung
pada model kepemimpinan Demokratis (partisipatif). Sebagaimana kepala
sekolah selalu membuadayakan musyawarah dalam setiap suatu masalah
baik secara internal dan eksternal karna kepala madrasah mempunyai
motifasi yang tingi bahwa kami disini adalah mengabdi untuk siswa/I
bukan siapa yang paling tingi dan demi mencapai suatu tujuan
diperlukannya budaya solidaritas dan kesadaran bersama dalam
mengemban tanggung jawab.
143506330 | 14 HUS m 330 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain