Electronic Resource
PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTs WALISONGO II GENDING PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
MTs Walisongo II lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan
Pendidikan Islam Walisongo. Metode jigsaw menawarkan bentuk untuk meningkatkan rasa
tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain.
Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan
dan mengajarkan materi tersebut kepada kelompoknya.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini antara lain: Adakah
pengaruh Metode Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs
Walisongo II Gending Probolinggo. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan
pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes.
Adapun untuk menganalisis data menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan SPSS versi 16.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh metode jigsaw terhadap prestasi
belajar pada mata pelajaran fikih dalam penelitian ini. Sig. (2 tailed) dengan nilai .000 hal
tersebut menunjukkan bahwasanya hasil penelitian ini isalah signifikan, yang artinya ada
pengaruh metode jigsaw terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran fikih di MTs Walisongo II
Gending Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018
143306286 | 14 SIT p 286 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain