Electronic Resource
PENGARUH FAKTOR LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO BASMALAH SIDOGIRI KOTAANYAR
ABSTRAK
Uswatun Hasanah, Lailiyatu, 2018, “Pengaruh Faktor Lokasi Terhadap
Minat Beli Konsumen di Toko Basmalah Sidogiri Kotaanyar”,
Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas
Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing : (I) Faizin, S.Ag., M.Pd.
(II) M. Ilyasa’ Kholis, M. Sy.
Katakunci : Faktor Lokasi, Minat Beli Konsumen.
Toko Basmalah yang berada di Desa Kotaanyar adalah salah satu
cabang toko Basmalah Sidogiri yang berada di kabupaten probolinggo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Adakah Pengaruh faktor
Lokasi (X) Terhadap Minat Beli Konsumen, 2. Seberapa Besar Pengaruh faktor
Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen (Y).
Metode yang digunakan Dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif,
tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
stratified proporsional random sampling (pengambilan sampel dengan cara
seimbang), tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji
validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data yang digunakan untuk menjawab
hipotesis penelitian ini adalah analisis asosiatif/korelatif (causal/ sebab akibat)
dengan menggunakan metode Somer’s D dengan jenis data Ordinal.
Hasil penelitian dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumus
statistik Somer’s D, yang melibatkan N:40 responden diperoleh nilai approx sig.
0.006 yang mana angka tersebut terletak lebih kecil dari nilai kritik yaitu 0.05
yang berarti signifikan, dan hasil analisis pengaruh faktor lokasi terhadap minat
beli konsumen diperoleh nilai sebesar 0.324 atau 32.4.
Setelah peneliti mengadakan penelitian di toko Basmalah Sidogiri
Kotaanyar maka ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan
terkait dengan lokasi, harga, suasana toko, kelengkapan barang yang telah
ditetapkan.
142801654 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain