Electronic Resource
MEDIA DAN MOTIVASI BELAJAR; KRITIK EKSPLANASI KONSTRUKTIF DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN
Dewasa ini di sekolah menengah motivasi siswa dalam belajar sangatlah kurang, hal ini
disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah persyaratan untuk bisa ikut ujian, hal ini
menyebabkan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran terkesan hanya memenuhi kewajiban
agar bisa ikut ujian. Maka dari itu guru sebagai seorang manusia yang mempunyai tanggung
jawab dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa haruslah mempunyai strategi yang dapat
merubah paradigma anak didik serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru perlu
menerapkan suatu model pembelajaran dan inovasi yang tidak pernah berhenti untuk
2
menumbuhkan motivasi serta mengembangkan kreativitas peserta didik. Lalu bagaimanakah
strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ?
Untuk menjawab masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis
penelitian studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti diketahui oleh subjek
penelitian sekaligus sebagai sebagai sumber data, antara lain: Kepala Sekolah, Kaur Kurikulum,
guru, dan beberapa buku tentang strategi, motivasi, dan media pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mendapatkan hasil bahwa di sekolah guru PAI
lebih banyak menggunakan strategi ekspositori dan menggunakan beberapa media terutama
media LCD dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa
143306174 | 14 DUY m 174 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain