Electronic Resource
PENERAPAN PROGRAM DINIAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH (STUDI KASUS DI MA NURUL JADID)
Anwar, Khoirul. 2018. Penerapan Program Diniyah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih (Studi Kasus Di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo): (I) Drs. H. A. FATHORRASI, M.Pd, (II) ABDURRAHMAN, M.Pd
Kata Kunci : Program Diniyah, Hasil Belajar
Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan, Di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, hampir secara keseluruhan peserta didik mengikuti Madrasah Diniyah sebelum masuk sekolah. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pelajaran fiqih. Namun, pada kenyataannya masih ada peserta didik yang belajar di Madrasah Diniyah, akan tetapi memiliki hasil belajar yang belum maksimal atau rendah. Seharusnya peserta didik tersebut bisa mendapatkan hasil yang lebih baik, karena materi yang diajarkan di Madrasah Diniyah sama atau berhubungan dengan materi yang diajarkan di sekolah.
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi) dengan objek penelitian Penerapan Program Diniyah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih (Studi Kasus Di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo). Tujuan penelian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan program diniyah dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Untuk mendeskripsikan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan program diniyah dalam meningkatkan hasil belajar fiqih (Studi Kasus Di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo), Untuk mendeskripsikan hasil penerapan program diniyah di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan penelitian kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun hasil penelitian adalah (1) Penerapan program diniyah dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo sangat membantu sekali terutama madalam pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga kedepan kita sangat mengharap supaya output MA. Nurul Jadid Paiton betul-betul berkualitas baik ilmu umumnya maupun ilmu agamanya. (2) Faktor Pendukung dan penghambat program diniyah dalam meningkatkan hasil belajar fiqih di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, yaitu : Sarana dan prasarana yang memadai, Kesamaan Materi Pembelajaran, sedangkan faktor penghambat adalah Terdapat siswa dari luar pondok, Keterbatasan waktu (3) Hasil penerapan program diniyah di MA. Nurul Jadid Paiton Probolinggo sangatlah baik. Penerapan program diniyah dalam meningkatkan hasil belajar siswa sangatlah banyak, ini didasarkan pengamatan peneliti terhadap situasi dan kondisi serta realitas yang ada di MA. Nurul Jadid Paiton . program diniyah sangat mempengaruhi nilai siswa semakin menjadi baik
143306162 | 14 KHO p 162 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain