Electronic Resource
Internalisasi nilia-nilai agama islam melalui pengembangan kurikulum di SMPN 1 Paiton Tahun Pelajaran 2017-2018
Penanamannilai-nilai agama Islam padakalanganremajamengalamipenurunankualitas moral yang seharusnyadapatdirealisasikandalam proses pembelajaranmelaluipengembangankurikulumdijenjangpendidikan. Olehkarenaitu, perlunyadalammemahamikomponen-komponenkurikulum yang mengakomodasikannilai-nilai agama Islam yang tidakhanyaberpusatpembelajaransaja, melainkanmengakomodasikandalampengembangankurikulumtersebut.
Dalampenelitianinimenggunakanpenelitian yang bersifatdeskriptif. Untukpengumpulan data, penelitimenggunakanmetodeobservasi, wawancara, danjugadokumentasidenganmenggunakananalisisdeskriptifuntukmenggambarkandanmelukiskan data yang diperoleh.
Dari penelitiantersebut, dihasilkanbahwa proses internalisasinilai-nilai agama Islam melaluipengembangankurikulum di SMPN 1 Paitonialahmelaluikomponen-komponenkurikulum yang terdiridari; visidanmisi, tujuanpendidikan, standartkompetensi, kompetensidasar, indicator kompetensi, isi/matapelajaran, strukturdanmuatankurikulum, pengaturanbebanbelajar, pengembanganmuatanlokal, kegiatanpengembangandiri, pendidikankecakapnhidup (life skill), ketuntasanbelajar, sistempenilaian, pengembangansilabus, dankalenderpendidikan.Sekalipunmelaluitujuhkomponenkurikulumtersebuttidakbegitumaksimalkarenaterdapatfaktorpenghambatdalammengintegrasikannilai-nilai agama islamdalamkomponentersebut.
143306259 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain