Electronic Resource
UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS AZZAINIYAH 1 RANDUMERAK PAITON PROBOLINGGO
Rendahnya prestasi belajar peserta didik merupakan suatu masalah yang tengah dihadapi para pelajar sekarang ini. Banyak guru yang mengupayakan agar anak didiknya rajin dalam belajar. Menurunnya prestasi belajar pada peserta didik adalah hal yang tidak diinginkan. Tetapi tidak mudah untuk bisa menghindari banyaknya faktor yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar, Oleh karena itu untuk bisa menghindari menurunnya prestasi belajar peserta didik, hendaknya kita mengetahui apa saja faktor penghambat prestasi belajar peserta didik.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul adalah (1) Bagaimana upaya guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Azzainiyah Randu Merak Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018.(2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTs Azzainiyah 1 Randu Merak Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Bagaimana solusi yang dilakukan guru mata pelajaran fiqih untuk mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik MTs Azzainiyah 1 Randu Merak Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Upaya guru fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Azzainiyah 1 Randu Merak yaitu memberikan motivasi pada peserta didik, menggunakan strategi pembelajaran yang variatif, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik, Menggunakan media pembelajaran yang menarik. Faktor penghambat upaya guru Fiqh dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Azzainiyah 1 Randu Merak yaitu ada peserta didik yang berkemampuan kurang, terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah untuk mengawasi peserta didik, kurangnya kesadaran para peserta akan pentingnya belajar. faktor pendukungnya yaitu adanya media komputer untuk membantu memudahkan belajar bagi peserta didik dan memudahkan mengajar bagi pendidik, Solusi guru Fiqh untuk mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik di MTs Azzainiyah 1 Randu Merak yaitu pihak sekolah memberikan bimbingan khusus pada peserta didik yang berkemampuan kurang, yang dilakukan pada waktu istirahat, ada kerjasama dari orang tua dan sekolah untuk memberikan pengawasan, menumbuhkan kesadaran peserta didik agar suka membaca buku mata pelajaran daripada melihat Televisi maupun pergi ke warnet.
143306395 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain