Electronic Resource
UPAYA GURU dalam MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA pada MATERI FIQIH MELALUI PENGGUNAAN ICT (INFORMATION, COMUNICATION, TEKNOLOGY) (Studi Kasus di MTs. Sabilal Muhtadin, Pasir Putih Situbondo Tahun Pelajaran 2017- 2018)
ABSTRAK
Widad Sofwil.2018. Upaya Guru dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada
Materi Fiqh Melalui Penggunaan Media ICT (Information,
communication, and technology). Skripsi, Program Study Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UNIVERSITAS Nurul Jadid Paiton
Probolinggo. Pembimbing : (I) Zainul Arifin, M. Pd. (II) Ali Wafa, M. Pd
Kata Kunci: Pemahaman Siswi, ICT (Information, communication, and
technology)
Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar
mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang
disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih
baik dan sempurna. The Association for Educational and Technology
sebuah organisasi yang bergerak dalam teknologi pendidikan dan
komunikasi, mengartikan media sebagai segala bentuk yang digunakan
untuk penyaluran informasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, antara lain; 1) Bagaimana
bentuk-bentuk pembelajaran ICT dalam peningkatan keaktifan belajar
siswa mata pelajaran Fiqih di MTs. Sabilal Muhtadin 2) Bagaimana
keaktifan belajar siswa dengan diterapkannya media ICT dalam
peningkatan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Sabilal
Muhtadin 3) Apa saja kendala dari guru menggunakan media ICT dalam
peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs.
Sabilal Muhtadin.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif yaitu penelitian deskriptif. Data-data dalam
penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Untuk menggali
data-data yang relevan, penulis menggunakan metode wawancara. Datadata yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif.
Dari hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa Bentukbentuk pembelajaran media ICT (Information Communication
Technology) pada mata pelajaran fikih di MTs. Sabilal Muhtadin berjalan
dengan lancar. Guru dapat mengemas materi pelajaran dengan menarik
melalui media pembelajaran ICT (information Communication
Technology) sehingga peserta didik aktif dan tidak bosan dalam mengikuti
proses belajar mengajar. Dengan digunakannya media ICT (Information
Communication Technology) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa.
143306255 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain