Electronic Resource
STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BAHAN BANGUNAN TB. MANDIRI KARANGANYAR PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN”
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan bisnis
yang di lakukan oleh toko , apakah sudah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apa strategi pengembangan TB.
Mandiri karang anyar (X) dalam menghadapi persaingan dagang (Y), (2) apakah
strategi pengembangan TB. Mandiri karang anyar dalam menghadapi persaingan (X)
sudah sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam etika bisnis islam (Y).
Peneliti tertarik untuk meneliti permasalahan ini karena dirasa perlu ada
pengkajian yang mendalam mengenai perkembangan toko bangunan yang signifikan
semenjak di pimpin oleh kepala yang baru, apakah perkembangan toko seiring
dengan berkembangnya pelayanan yang tetap memegang teguh nilai-nilai etika bisnis
ataukah dengan segala cara sekalipun cara itu termasuk persaingan yang tidak sehat
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi. Tekhnik yang di gunakan dalam
mengumpulkan data adalah dengan cara observasi lapangan langsung dan melakukan
penelitian dengan seksama pada obkjek penelitian. Tehnik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, proses pengolahan data melalui tiga
tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang dapat di tarik setelah menghubungkan antara variabel x dan
y menghasilkan kesimpulan bahwa TB. Mandiri dalam mengembangkan tokonya
menggunakan strategi pemasaran kesepakatan eksklusif dan sangat meperhatikan
mengenai pelayanan karena termasuk dalam kategori penyedia barang dan juga jasa,
dan strategi yang di jalankan sudah sesuai dengan etika bisnis islam.
142801615 | 14 IRP s 615 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain