Electronic Resource
Analisis Kepuasan Nasabah Dalam Melakukan Pembiayaan ulang Di Kantor Kas BPR Syari'ah Asembagus Situbondo
Aini, Linda Ma’rifatul. 2018 Analisis Kepuasan Nasabah dalam melakukan Pembiayaan ulang di kantor kas BPR Syari’ah Asembagus Situbondo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid (UNUJA). Pembimbing 1 : H. IDRUS ALI, M. HI. Dan Dosen Pembimbing 2 : ISMAIL MARZUKI, M.H.
Kata Kunci : Analisis Kepuasan Nasabah, Pembiayaan Ulang
Analisis kepuasan nasabah merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja, atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Faktor yang menjadi pertimbangan nasabah dalam melakukan peminjaman antara lain kemudahan sistem dan prosedur pembiayaan, jangka waktu pembiayaan, jumlah angsuran, faktor kenyamanan pelayanan bank dan lokasi bank. Nasabah akan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut untuk mencapai kepuasan, karena bagaimanapun konsumen dalam perilakunya untuk memenuhi kebutuhan untuk selalu berusaha mencapai suatu kepuasan maksimal. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini faktor yang menyebabkan nasabah melakukan pembiayaan ulang di kantor kas BPRS Asembagus Situbondo dan strategi kantor kas BPRS Asembagus dalam memuaskan nasabah.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif , dimana sumber data didapat dari lapangan dan melihat fakta yang ada. Dan memahami dengan cermat hal-hal yang berkaitan dengan faktor nasabah melakukan pembiayaaan ulang dan strategi memuaskan nasabah. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil dari wawancara 2 orang informan yang merupakan nasabah aktif dan koordinator kantor kas BPRS Asembagus, dan dokumentasi yang terkait dengan kepuasan nasabah dalam melakukan pembiayaan ulang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Berdasarkan metode penelitian, dapat diketahui jawaban atas rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama faktor nasabah melakukan pembiayaan ulang karena nasabah membutuhkan tambahan modal untuk usaha, nasabah juga merasa puas dengan pelayanan di BPRS Asembagus, selain pelayanannya baik juga cepat prosesnya, Maka dari itu nasabah merasa tertarik melakukan pembiayaan ulang di BPRS Asembagus. Yang kedua strategi bank dalam memuaskan nasabah adalah dengan pelayannya yang cepat dan baik di samping itu juga BPRS selalu melakukan komunikasi intensif dengan nasabah, hal tersebut merupakan salah satu bentuk monitoring atas perkembangan usaha nasabah. Sehingga apabila usaha nasabah mengalami penurunan pihak bank bisa membantu mencari solusinya.
142801628 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain