Electronic Resource
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII DI SMP ISLAM DARUSSALAM WRINGIN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
SMP Islam Darussalam merupakan salah satu instansi pendidikan formal yang berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam yang telah menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan model pemelajaran ceramah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tersebut didorong dengan adanya penurunan prestasi belajar siswa pada tahun ajaran sebelumnya yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran ceramah terus menerus sehingga membuat siswa menjadi bosan dan jenuh, yang berakibat pada hasil prestasi siswa yang menurun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di SMP Islam Darussalam Wringin Bondowoso dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-katatertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap, yang terbagi dalam tiga kali pertemuan, dari pertemuan pertama dalam proses pembelajaran Fikih menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw masih belum efektif, karena siswa belum memahami alur dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada pertemua kedua, peneliti mendaptkan hasil yang membaik, keaktifan siswa meningkat cepat, pemahaman siswa juga semakin cepat dalam mengikuti proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada pertemua ketiga menunjukkan bahwa nilai siswa pada matapelajan Fikih dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mendapat hasil sangat memuaskan dengan ketuntasan nilai rata-rata 87,5% dari total keseluruhan siswa yang mengikuti tes dinyatakan lulus diatas KKM yang ditetapkan sekolah, hanya beberapa siswa yang mendapat nilai dibawah KKM.
Maka dapat disimpulkan, Bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di SMP Islam Darussalam Wringin bondowoso.
143306204 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain