Electronic Resource
Implementasi Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso
ABSTRAK
Fuad, Lazimatul. 2018. Implementasi Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim Ala Abdullah Nashih ‘Ulwan Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh Di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid, Dosen Pembimbing : 1) Dr. H. Akmal Mundiri, M. Pd 2) Chusnul Mu’ali, M. Pd
Kata Kunci : Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim Ala Abdullah Nashih ‘Ulwan, Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh
Dalam proses penerapan konsep pendidikan Luqman Al-Hakim memiliki arti yang sangat penting mengingat selama ini kepribadian siswa yang belum sepenuhnya menggambarkan pribadi peserta didik yang sesungguhnya. Selain itu seringkali tujuan dalam mengajar (ta’lim) dan mendidik (ta’dib) pada peserta didik belum bisa dilaksanakan secara maksimal dan profesional. Dari penjelasan diatas maka penulis tertarik untuk meneliti tentang “Implementasi Konsep Pendidikan Luqman Al-Hakim Ala Abdullah Nashih ‘Ulwan Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sholeh Di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso”.
Berkaitan dengan ini, dilakukan penelitian yang memfokuskan pada tiga persoalan : Pertama, bagaimana bentuk-bentuk kepribadian siswa di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Kedua, bagaimana implementasai konsep pendidikan Luqman Al-Hakim dalam pembentukan kepribadian anak sholeh di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Ketiga, mengapa konsep pendidikan Luqman Al-Hakim dalam pembentukan kepribadian anak sholeh diimplementasikan di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso.
Sesuai dengan fokus kajian dalam penelitian ini dipergunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Study Kasus, namun dalam pengumpulan data ini peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data akan dianalisis melalui implementasi konsep pendidikan Luqman Al-Hakim ala Abdullah Nashih ‘Ulwan dengan mengamati bentuk-bentuk kepribadian siswa di sekolah. Sekalipun masih perlunya bimbingan yang kontinyu dan berkesinambungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep pendidikan Luqman Al-Hakim ala Abdullah Nashih ‘Ulwan dalam pembentukan kepribadian anak sholeh di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso bahwasanya : 1) Bentuk-bentuk kepribadian siswa di MI Al-Fattah telah tergambar penanaman akhlak serta berkepribadian baik. 2) Proses implementasi konsep pendidikan Luqman Al-Hakim ala Abdullah Nashih ‘Ulwan telah dilaksanakan dalam semua kegiatan tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan menggunakan beberapa metode, yaitu pemberian nasehat, metode keteladanan dan metode pembiasaan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan insan indonesia yang produktif melalui pembentukan kepribadian yang baik. 3) Konsep pendidikan Luqman Al-Hakim diimplementasikan karena sesuai dengan konsep pendidikan karakter, menghasilkan output-output yang berkepribadian baik dan menciptakan generasi bangsa yang bermoral dan bermartabat, serta menjadi anak yang sholeh.
143706355 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain