Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

IMPLEMENTASI MODEL SELF DIRECTED LEARNING (SDL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MA NURUL JADID PROGRAM KEAGAMAAN PAITON PROBOLINGGO TAHUN 2017/2018

Sulviana Al Muinnisak - Nama Orang;

Pendidikan merupakan suatu proses menuju perubahan yang terjadi pada
semua orang. Perubahan tersebut terjadi secara maksimal atau tidak tergantung
kondisi yang ada di lingkungannya. Model self directed learning ini memberikan
kebebasan kepada siswa dalam merencanakan pembelajarannya. Dengan begitu
siswa mendapatkan pengetahuan baru dan bisa memecahkan masalah secara
mandiri. Proses pembelajaran dalam self directed learning dibagi menjadi tiga
yaitu planning, monitoring, dan evaluating.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
imlementasi model self directed learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran
PAI di MA Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo, 2) Faktor apa
saja yang menghambat dan mendukung dalam penerapan model self directed
learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid
Program Keagamaan Paiton Probolinggo.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni memahami
peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan subyek di lapangan secara utuh.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus yang mana
peneliti langsung ke objek yang diteliti dengan jenis pengumpulan data, yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data
menggunakan Milles Huberman.
Maka dapat disimpulkan, bahwa implementasi model self directed
learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid
Program Keagamaan dilakukan dengan: Guru menekankan pada keunikan gaya
belajar siswa, siswa diberikan kebebasan dalam merencanakan pembelajaran,
kegiatan pembelajaran secara mandiri, guru menerapkan diskusi kelompok.
Adapun faktor yang menghambat implementasi model self directed learning
berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid Program
Keagamaan adalah; Adanya siswa kurang berani berpendapat, siswa yang merasa
jenuh saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan faktor yang mendukung
diantaranya adalah; Waktu belajar, tempat belajar, motivasi belajar siswa yang
tinggi.


Ketersediaan
144330626114 SUL i 261Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 SUL i 261
Penerbit
: ., 2018
Deskripsi Fisik
86
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Self Directed Learning, Lingkungan, Pendidikan Agama Islam.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik