Electronic Resource
IMPLEMENTASI MODEL SELF DIRECTED LEARNING (SDL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MA NURUL JADID PROGRAM KEAGAMAAN PAITON PROBOLINGGO TAHUN 2017/2018
Pendidikan merupakan suatu proses menuju perubahan yang terjadi pada
semua orang. Perubahan tersebut terjadi secara maksimal atau tidak tergantung
kondisi yang ada di lingkungannya. Model self directed learning ini memberikan
kebebasan kepada siswa dalam merencanakan pembelajarannya. Dengan begitu
siswa mendapatkan pengetahuan baru dan bisa memecahkan masalah secara
mandiri. Proses pembelajaran dalam self directed learning dibagi menjadi tiga
yaitu planning, monitoring, dan evaluating.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
imlementasi model self directed learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran
PAI di MA Nurul Jadid Program Keagamaan Paiton Probolinggo, 2) Faktor apa
saja yang menghambat dan mendukung dalam penerapan model self directed
learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid
Program Keagamaan Paiton Probolinggo.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni memahami
peristiwa yang berkaitan dengan kegiatan subyek di lapangan secara utuh.
Sedangkan jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus yang mana
peneliti langsung ke objek yang diteliti dengan jenis pengumpulan data, yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data
menggunakan Milles Huberman.
Maka dapat disimpulkan, bahwa implementasi model self directed
learning berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid
Program Keagamaan dilakukan dengan: Guru menekankan pada keunikan gaya
belajar siswa, siswa diberikan kebebasan dalam merencanakan pembelajaran,
kegiatan pembelajaran secara mandiri, guru menerapkan diskusi kelompok.
Adapun faktor yang menghambat implementasi model self directed learning
berbasis lingkungan dalam pembelajaran PAI di MA Nurul Jadid Program
Keagamaan adalah; Adanya siswa kurang berani berpendapat, siswa yang merasa
jenuh saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan faktor yang mendukung
diantaranya adalah; Waktu belajar, tempat belajar, motivasi belajar siswa yang
tinggi.
1443306261 | 14 SUL i 261 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain