Electronic Resource
STRATEGI PEMBELAJRAN PAI DALAM MEMBANGUN WAWASAN KEBANGSAAN DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
Zuhriatin. 2018. Strategi Pembelajaran PAI Dalam Membangun Wawasan Kebangsaan Di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembimbing:(I) Dr.H. Hasan Baharun, M.Pd. (II) Muallim Wijaya, M.Pd
Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, PAI, Wawasan Kebangsaan.
Dewasa ini, perkembangan dalam dunia politik, sosial budaya, serta perkembangan dunia perekonomian Indonesia merupakan suatu realita yang bisa dikatakan cukup memprihatinkan. Bahkan, kekhawatiran atau kegetiran tersebut semakin terlihat begitu nyata ketika problematika tersebut menjamah pada kehidupan kemasyarakatan. Sehingga seluruh problematika yang dialami oleh setiap warga negara mampu dirasakan oleh kita semua, yakni dalam hal lunturnya wawasan kebangsaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaan SMP Nurul Jadid. (2) Apa faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaan SMP Nurul Jadid.
Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dan Fokus studinya pada strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) Wawancara dengan mencari informasi (2) Observasi, atau pengamatan dan (3) Dokumentasi sebagai bukti adanya penelitian.
Hasil penelitian ini adalah; (1). Strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaandi SMP Nurul Jadid;Memasukkan Nilai-nilai yang terkandung dalam wawasan kebangsaan kedalam RPP mata pelajaran PAI, mengaplikasikan kedalam kegiatan sehari-hari dan Hari Besar Nasional, Perayaan Hari Besar Islam(2) faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran PAI dalam membangun wawasan kebangsaan SMP Nurul Jadid yaitu, (i) faktor penghambatnya; minimnya jumlah jam pelajaran PAI, padatnya kegiatan siswa-siswi SMP Nurul Jadid, yang menyebabkan seringnya peserta didik tidur dan tidak fokus ketika pelajaran berlangsung. (ii) faktor pendukung yaitu: Visi dan Misi sekolah berisi tentang target pembangunan wawasan kebangsaan bagi peserta didiknya, secara historis SMP Nurul Jadid didirikan oleh salah satu tokoh pejuang kemerdekaan, Guru-guru di SMP Nurul Jadid rata-rata alumni dari SMP Nurul Jadid itu sendiri, khususnya guru-guru PAI, Lingkungan tempat SMP Nurul Jadid berada, yaitu berada didalam komplek PP Nurul Jadid yang memiliki komitmen kebangsaan yang sangat tinggi.
143306264 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain