Electronic Resource
ANALISIS HARGA JUAL PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN DALAM PROSES DISTRIBUSI BARANG DI UD. PUTRA MADURA PAITON-PROBOLINGGO
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ketatnya persaingan didunia
perdagangan pada saat ini, sehingga perusahaan berlomba-lomba dalam
persaingan yang sangat ketat ini yang bertujuan untuk menciptakan dan
mempertahankan pelanggan. Khususnya di UD. Putra Madura untuk meningkatkan dan mempertahankan minat pelanggan dari para pesaing. Salah satu upaya mereka dalam mempertahankan pelanggan adalah dengan cara menetapkan harga jual produk yang sebaik-baiknya. Karena harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran. Sehingga perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan penetapan harga jual produk dengan memperhitungkan proses dalam produk yang akan dijual guna untuk meningkatkan dan mempertahankan volume penjualan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kondisi harga jual produk terhadap volume penjualan dalam proses distribusi barang pada UD. Putra Madura? dan (2) Apa sajakah faktor yang dapat mempengaruhi volume penjualan dalam proses distribusi barang UD. Putra Madura?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui bagaimana harga jual produk terhadap terhadap volume penjualan dalam proses distribusi barang pada UD. Putra Madura dan (2) untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi volume penjualan dalam proses distribusi barang UD. Putra Madura.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat
kualitatif. Sasaran wawancaranya adalah yang terlibat dalam proses penetapan
harga jual, seperti owner ataupun manager yang berwenanng. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
analisisnya menggunakan analisa kualitatif (non statistik) yang bersifat deskriptif
kualitatif, dengan menggunakan cara berfikir induktif.
Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu Penetapan harga jual produk terhadap volume penjulan dalam proses distribusi barang pada UD. Putra Madura ialah menetapkan empat harga untuk para pelanggannya: 1) Start Outlet (SO), 2) Grosir, 3) Retil, 4) Konsumen. Faktor yang dapat memengaruhi volume penjualan dalam proses distribusi barang pada UD. Putra Madura antara lain: a) Faktor dari dalam perusahaan ialah: Kualitas produk turun, service yang diberikan bertambah jelek, sering kosongnya persediaan, penetapan harga jual yang tinggi, penurunan kegiatan sales promotion. b) Faktor dari luar perusahan ialah: Kebijakan pemerintah, perkembangan sosial ekonomi masyarakat, situasi persaingan.
142801655 | 14 WIW a 655 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain