Electronic Resource
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA MIFTAHUL KHAIR ALASTENGAH BESUK PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Keberhasilan pendidikan dapat diukur dengan penguasaan siswa
terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru di dalam kelas. Namun,
operasionalnya keberhasilan itu banyak pula ditentukan oleh manajemen
pendidikan, dan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendidikan yang
harus ada dan juga terkait di dalamnya. Faktor tersebut adalah : guru, materi,
dan siswa. Ketiga komponen itudisebut dengan komponen integral yang
harus ada dalam proses pembelajaran. Dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran didalam kelas, guru harus menciptakan kondisi belajar yang
aktif dan kreatif. Penggunaan media dan metode pembelajaran yang dipilih
guru merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran, jadi
seorang guru harus memilih media dan metode yang tepat agar proses
pembelajaran lebih efektif dan komunikatif. Salah satu metode pembelajaran
yang diterapkan di lembaga MadrasahAliyah Miftahul Khair adalah metode
Talking Stick.
Dari permasalahan di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi peneliti
untuk mengkaji lebih dalam persoalan tersebut dalam bentuk karya ilmiah
dengan objek penelitian metode pembeajaran talking stick yang telah di
terapkan di Madrasah Aliyah Miftahul Khair. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah metode pembeajaran talking stick dapat
meningkatkan motivasi belajar sisw aMadrasah Aliyah Miftahul Khair.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis
penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
Akidah Akhlak dan para siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Khair.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan teknis analisis menggunakan analisis deskriptif
kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah
didapat, sehingga akan dapat menggambarkan realitas sebenarnya.
Hasil dari penelitian skripsi menunjukkan bahwa metode
pembelajaran Talking Stcik. dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar
siswa serta lebih percaya diri untuk mengemukakan pendapat. Selain itu,
sebagian besar siswa memiliki kesempatan yang sama untuk aktif di dalam
kelas.
143306211 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain