Electronic Resource
PENERAPAN METODE YANBU'A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN DI MTs AT-TAQWA BONDOWOSO
ABSTRAK
Nisak, Khoiratun. 2018, Penerapan Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran di MTs At-Taqwa Bondowoso. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembimbing (I) Drs.A.Fathorrazi,M.Pd. (II) Abdurrahman, M. Pd.
Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Baca Tulis Al-Quran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak-anak yang kurang tertarik dalam pembelajaran Al-Quran dan belum bisa membaca Al-Quran dan menulis huruf hijaiyyah dengan baik. Walaupun memiliki kemampuan membaca dan menulis, namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan penulisan Al-Quran yang benar. Hal tersebut tidak hanya dialami oleh para siswa pelajar saja, tetapi juga kalangan remaja bahkan lanjut usia. Dihadapkan dengan permasalahan tersebut terdapat pembelajaran metode Yanbu’a sesuai dengan kaidah tajwid yang benar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode yang praktis dan fleksibel dalam pembelajarannya, dan juga silsilah sanad suyuhuiyahnya sudah sampai kepada Rasuluallah.
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu bagaimana penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di MTs At-Taqwa Bondowoso, apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di MTs At-Taqwa Bondowoso. Mengacu pada konteks penelitian di atas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan hasil dari metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di MTs At-Taqwa Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya etnografi, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala terentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat.
Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan, peneliti memperoleh hasil bahwa pertama penerapan metode Yanbu’a ialah terlebih dahulu peserta didik diseleksi untuk tingkat kemampuannya, kemudian disesuaikan dengan kemampuan masing-masing jilid. Kedua hasil dari penerapan metode Yanbu’a ialah sdapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis dengan baik, sesuai dengan kaidah-kaidahnya, bahkan di setiap tahunnya juga dapat mencetak generasi atau lulusan yang lebih baik, sekalipun hasil ini tidak 100%, karena dalam pelaksanannya terdapat kendala.
143306236 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain