Electronic Resource
HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MARHALAH I'DADIYAH MA'HAD ALY NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2108
ABSTRAK
Adawiyah, Robi’atul. 2018. “HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FIQIH DI MARHALAH I’DADIYAH MA’HAD ALY NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018 (Studi Kasus Motivasi Di Marhalah I’dadiyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo)” Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing : (1) Hj.Khodijatul Qodriyah,S.Ag,M.M.Pub,M.si., (II) Hj.Hanunah Nafi’iyah, M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, Fiqih.
Motivasi belajar pada siswa dapat menjadi lemah, lemahnya motivasi atau tiadanya motivasi belajar akan melemahkan kegiatan, sehingga mutu hasil belajar akan menjadi rendah. Oleh karena itu, motivasi belajar pada diri siswa perlu diperkuat terus menerus. Dengan tujuan agar siswa memiliki motivasi belajar yang kuat, sehingga prestasi belajar yang diraihnya dapat optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada dan tidaknya hubungan motivasi belajar Mahasantri I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo (X) dengan prestasi belajar Fiqih di Marhalah I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Y), (2) seberapa erat hubungan motivasi belajar Mahasantri I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo (X) dengan prestasi belajar Fiqih di Marhalah I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo (Y).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket atau kuesioner dengan beberapa pernyataan dan pertanyaan yang harus dijawab oleh responden dan dokumentasi. Total populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 responden Mahasantri I’dadiyah. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah analisis statistik dengan rumus korelasi product moment.
Kesimpulan dari hasil Hubungan antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Fiqih di Marhalah I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2017-2018 yaitu tidak ada hubungan antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Fiqih di Marhalah I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2017-2018. Hubungan antara Motivasi dengan Prestasi Belajar Fiqih di Marhalah I’dadiyah Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Ajaran 2017-2018 adalah rendah.
143306249 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain