Electronic Resource
STRATEGI PEMASARAN KOPERASI BASMALAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DAGANG DI PUJER BONDOWOSO
ABSTRAK
Aini, Nor. 2018. Strategi Pemasaran Koperasi “Basmalah” Dalam Menghadapi Persaingan Dagang Di Pujer Bondowoso. Skripsi, Program Study Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing : (I) Temmy Wijaya,S.E, M.H (II) Mushafi Miftah,S.H, M.H
Kata Kunci: Strategi pemasaran, dan Persaingan dagang.
Sejak tahun 2016 Koperasi Basmalah sudah beroperasi di Kabupaten Bondowoso dan sudah tersebar di berbagai Kecamatan. Pada 23 Juli 2017 Koperasi Basmalah didirikan di Kecamatan Pujer Bondowoso, yang terletak di Jalan Maskuning Wetan Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso, tepatnya berada di timur pasar Pujer, dan berhadapan dengan Indomaret. Hal ini berdasarkan dengan rumusan masalah yang akan dikaji oleh peneliti, diantaranya: Bagaimana strategi yang digunakan koperasi “Basmalah” Sidogiri saat memasarkan produknya dalam menghadapi persaingan dagang di Pujer dan apakah Strategi tersebut dapat relevan jika diterapkan di berbagai koperasi “Basmalah” di daerah lainnya.
Salah satu tujuan dari penelitian di koperasi “Basmalah” Pujer yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan koperasi “Basmalah” dalam meningkatkan minat para pembeli serta untuk mengetahui tata cara koperasi “Basmalah” di Pujer dalam menghadapi persaingan di era modernisasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti mencoba untuk menganalisis fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian, menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang terjadi di lapangan. Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis lapangan “Field Research” atau studi kasus “case study”, karena peneliti dalam hal ini turun dan berangkat langsung ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang fenomena dalam suatu keadaan yang alamiah. Selanjutnya data-data yang diperoleh dianalisis dengan model interaktif agar ditemukan kesimpulan strategi pemasaran koperasi “Basmalah” yang saling menyusul.
Koperasi “Basmalah” di Pujer Bondowoso mampu bersaing dengan minimarket lainnya karena adanya peningkatan kinerja para karyawan, promosi produk yang konsisten, inovasi produk yang beragam dan kualitas pelayanan yang prima.
Dari hasil analisa dan pembahasan menunjukkan bahwa koperasi “Basmalah” Sidogiri Pujer ditengah maraknya minimarket lainnya tetap mampu mengahadapi persaingan dagang, dengan strategi pemasarannya, koperasi “Basmalah” mampu meningkatkan omset, aset, jumlah anggota dan jumlah pelanggan.
142801643 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain