Electronic Resource
STRATEGI TOKO PASIFIC MARON DALAM MENANGGULANGI RISIKO KERUGIAN PADA PENJUALAN BARANG DENGAN SISTEM KREDIT
Toko Pasific Maron merupakan pusat perbelanjaan yang masih baru di daerah maron. Namun dari segi pemasarannya Toko Pasific termasuk toko yang cukup berkembang pesat dari pada toko-toko sebelumnya. Masalah yang teliti dalam skripsi ini adalah : (1) bagaimana system pemasaran barang yang dijual di Toko pasific? (2) bagaimana menanggulangi risiko pemasaran dengan system kredit?
Dalam menjawab permasalahan diatas, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode yang berusaha mengungkapkan segala menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrument terkunci.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) adapun system pemasaran barang di Toko Pasiific antara lain: a). penjualan yang ada di toko pacific dengan cara penjualan barang berupa pakaian jadi yang berbasis pertokoan dengan cara chas dan kredit b). karyawan yang dibagi dua shift karena manajemen pertokoan pacific sangat tergantung pada pelayanan terhadap costumer, bila karyawan tidak dibagi dua shif dengan cara kerja full maka pelayanan kepada costumer tidak maksimal dan kurang memuaskan. (2) adapun system penanggulangan risiko pemasaran di Toko Pasific antara lain : a). system kredit ialah dengan cara bermacam metode yang dilakukan seperti merekrut karyawan terbaik dan jujur serta mengerti di pemasaran dan mengerti karakter pelanggan di pasar. b). merekrut karyawan yang bisa bertanggung jawab atas kredit barang sehingga tidak salah pelanggan, yang menimbulkan kredit macet c). melakukan pengawasan atau pemantauan secara terus menerus terhadap efektivitas costumer agar tidak menimbulkan kredit macet.
Dalam penelitian terdapat beberapa saran untuk pihak Toko Pasific yang perlu di tindak lanjuti Pertama, sehubungan dengan ketatnya persaingan pasar terutama di maron kidul yang sudah berdiri beberapa tahun yang lalu, untuk itu pengoperasian system kredit di tunda sampai mendekati musim panen supaya tidak terjadi penumpukan barang dan modal yang tidak berputar.Kedua, berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Toko Pasific memberikan pelatihan tentang pemasaran produk, penilaian calon karyawan dan pelayanan terhadap costumer agar karyawan lebih professional dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, dalam penilaian calon karyawan agar dapat lebih baik lagi dalam menilai apakah calon karyawan tersebut layak atau tidak, sehingga mengurangi risiko kerugian yang ada di Toko Pasific.
142801686 | 14 NIN s 686 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain