Electronic Resource
PENGARUH METODE LEARNING BY GAMES MONEY MENCOCOKKAN BENDA NYATA DENGAN TULISAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA KELOMPOK B2 TK BINA ANAPRASA PAITON PROBOLINGGO
Dalam kegiatan pembelajaran tentunya membutuhkan sebuah metode yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pembelajaran agar anak dapat memahami maksud dan tujuan pembelajaran dengan jelas. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah metode learning by games yang sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu bermain. Dengan metode tersebut diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode learning by games money mencocokkan benda nyata dengan tulisan terhadap peningkatan motivasi belajar anak pada kelompok B2 TK Bina Anaprasa Paiton Probolinggo.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelompok B2 Tk Bina Anaprasa yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji tanda (sign test).
Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa metode learning by games money mencocokkan benda nyata dengan tulisan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar anak pada kelompok B2 Tk Bina Anaprasa Paiton Probolinggo tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti pada hasil analisis dengan menggunakan uji tanda (Sign Test) didapat nilai Exact Sig. (2-tailed) = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak.
1530900015 | 15 IVA p 015 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain