Electronic Resource
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN VARIASI METODE PEMBELAJARAN DI MTs NURUL YAQIN SUMBERANYAR PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Penelitian ini dilatar belakangi berlangsungnya proses pembelajaran
yang monoton disebabkan kurangnya penggunaan metode pembelajaran.
Selain itu, rendahnya prestasi belajar ini dipengaruhi oleh dua faktor yaitu,
faktor internal yang merupakan faktor dari dalam siswa itu sendiri baik secara
rohani maupun jasmani, kemudian faktor yang kedua adalah faktor eksternal
yaitu faktor dari luar, seperti keluarga, masyarakat, lingkungan sekolah,
sarana prasarana dan lain sebagainya.
Berdasarkan masalah tersebut, peneliti bermaksud meneliti tentang
bagaimana peningkatan prestasi belajar PAI siswa melalui pengembangan
variasi metode pembelajaran dan apa saja faktor-faktor pendukung dan
penghambat peningkatan prestasi belajar PAI siswa melalui pengembangan
variasi metode pembelajaran di MTs Nurul Yaqin Sumberanyar Paiton
Probolinggo. Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk
mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI siswa serta faktor apa saja yang
mendukung dan menghambat peningkatan prestasi belajar PAI siswa melalui
pengembangan variasi metode pembelajaran di MTs Nurul Yaqin
Sumberanyar Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran
tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknis analisis menggunakan analisis
deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data
yang telah didapat.
Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan, peneliti
memperoleh hasil bahwa pertama prestasi belajar PAI sudah meningkat
berdasarkan nilai antara semester ganjil dan genap tahun pelajaran 2017.
Variasi metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah,
diskusi, demonstrasi, resitasi, dan problem solving, Kedua Faktor pendukung
dalam penerapan variasi metode tersebut ialah rasa ingin tahu siswa untuk
mempelajari ilmu agama tinggi, faktor lingkungan sekolah yang berada di pedesaan
memungkinkan MTs Nurul Yaqin masih sulit terjamah oleh budaya asing yang
rusak, siswa senang dengan variasi metode pembelajaran, media yang mendukung.
Faktor penghambat adalah sebagian siswa lulusan SD, kurangnya jam pelajaran
agama, adanya masalah ketika pergantian metode.
143306158 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain