Electronic Resource
HUBUNGAN STIMULASI DAN PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK BALITA USIA 1-2,5 TAHUN DI PUSKESMAS I DENPASAR SELATAN
Kemampuan berbahasa ada anak merupakan bentuk perkembangan anak yang paling
komplek diantara kemampuan anak yang lain, karena hal tersebut terdapat banyak anak
yang mengalami gangguan atau keterlambatan Bahasa. Desain penelitian ini adalah
penelitian korelasi dengan pendekatan Crossectional. Penelitian ini telah dilaksanakan
di Puskesmas I Denpasar Selatan. Besar sampel yaitu 40 orang, dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode observasi langsung
dengan alat pantau KPSP. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Chi-Square
karena data tidak berdistribusi normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan stimulasi dan pengetahuan orang tua dengan perkembangan bahasa pada
anak 1-2,5 tahun. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara
stimulasi (p=0,477) dan pengetahuan orang tua (p= 0,385 ) dengan perkembangan
bahasa pada anak balita usia 1-2,5 tahun. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi
referensi untuk melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan anak
balita khususnya perkembangan bahasa di Puskesmas I Denpasar Selatan.
EJN000151 | 618.2 ADI h | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain