Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Electronic Resource

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Yopi Wulandhari - Nama Orang;

Wabah virus Corona (Covid-19) yang melanda Indonesia saat ini, menimbulkan
beberapa perubahan sistem, diantaranya sistem pendidikan. Untuk mencegah
penyebaran virus ini, maka pembelajaran di lembaga pandidikan tinggi yang awalnya
tatap muka dialihkan ke metode pembelajaran daring (online). Adanya perubahan
sistem pembelajaran ini akan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik yang pada
akhirnya akan mempengaruhi pula hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswi kebidanan pada masa pandemi
covid-19 terhadap hasil belajar di Akademi Kebidanan Indragiri. Penelitian ini bersifat
analitik dengan pendekatan cross-sectional (potong lintang). Variabel independen
dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan bariabel dependen yaitu hasil belajar.
Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswi kebidanan tingkat 1 dan 2 Akademi
Kebidanan Indragiri yang berjumlah 38 orang. Pengambilan sampel dengan total
sampling. Pengumpulan data motivasi dengan kuesionerdisajikan dalam bentuk google
foam dan hasil belajar dari Katu Hasil Studi (KHS) mahasisiwi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswi pada masa pandemic Covid-19 adalah
kategori sedang sebanayak 32 orang (84,2 %), sedangkan hasil belajar dalam kategori
kurang baik sebanyak 21orang (55.3%). Analisa data menggunakan uji statistik uji Chy
Square dengan peengolahan data menggunakan SPSS 17.0 diperoleh p-value 0,378.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang bermakna
anatara motivasi belajar mahasisiwi kebidanan pada masa pendemi Covid-19 terhadap
hasil belajar di Akademi Kebidanan Indragiri. Perlu diadakan evaluasi pembelajaran
online, agar dapat mengetahui efektif tidaknya proses pembelajaran sehingga dapat
meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar.


Ketersediaan
EJN000146618.2 WUL hPerpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
JOMIS (Journal of Midwifery Science)
No. Panggil
618.2 WUL h
Penerbit
Surabaya : Program Studi S1 Kebidanan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya., 2021
Deskripsi Fisik
10 p
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2579-7077
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 5. No.2, Juli 2021
Subjek
kebidanan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik