Electronic Resource
Needs Assessment tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja pada Mahasiswa
Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) saat ini semakin
memprihatinkan, hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan remaja
tentang KRR. Peningkatan pengetahuan remaja tentang KRR dapat
dilakukan melalui pendidikan KRR. Tujuan Penelitian untuk
mengetahui needs assesment mahasiswa tentang pendidikan kesehatan
reproduksi remaja. Desain penelitian menggunakan cross sectional.
Populasi terdiri semua mahasiswa di Perguruan Tinggi Kota Kediri.
Sampel sebagian mahasiswa sejumlah 35 responden dengan teknik
sampling cluster random sampling. Data diambil dengan kuesioner dan
wawancara. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi spearman
rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya
responden memiliki pengetahuan rendah (85,7%), kondisi psikologis
sebagian besar baik (71,4%), tingkat needs assesment tentang
pendidikan KRR hampir seluruhnya tinggi (82,9%). Metode pendidikan
KRR paling diminati tanya jawab (88%). Media pendidikan KRR paling
diminati vidio (86%). Materi pendidikan KRR paling diminati cara
merawat organ reproduksi (95%). Pemateri pendidikan KRR hampir
seluruhnya memilih tenaga kesehatan (92%). Ada hubungan yang
signifikan antara pengetahuan dengan tingkat need assesment
pendidikan KRR, tetapi tidak ada hubungan antara kondisi psikologis
dengan tingkat need assesment pendidikan KRR di Perguruan Tinggi
Kota Kediri tahun 2021. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pendidikan KRR sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan dalam
menyampaikan program pendidikan KRR di perguruan tinggi
disesuaikan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
EJN000038 | 618.2 WIN n | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain