Electronic Resource
SISTEM PELAYANAN PASIEN BERBASIS WEB DI PUSKESMAS GAYAM SUMENEP
Puskesmas merupakan pusat pelayanan kesehatan yang komprehensif, kuratif, dan rehabilitatif yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Puskesmas merupakan unit teknis yang lebih murah, baik dari segi biaya maupun lokasi, tersebar di setiap kecamatan dan berperan penting sebagai ujung tombak dalam sistem pelayanan kesehatan (Kemenkes RI 2016). Saat ini sistem pelayanan rekam medis pasien masih menggunakan cara manual yakni mencatat di buku yang menyebabkan pelayanan lama dan tidak efektif. Salah satu puskesmas yang tidak menggunakan sistem pelayanan pasien terkomputerisasi ini adalah puskesmas Gayam Sumenep “Sepudi” yang mana puskesmas ini menjadi pusat pelayanan satu – satunya di kecamatan gayam pulau sepudi karena keterbatasan media pelayanan. Sehingga pelayanan puskesmas yang di berikan masih kurang optimal dan berpengaruh pada tingkat pelayanan kesehatan. Dalam perkembangan tekhnologi sistem pelayanan kesehatan pasien akan di buatkan sebuah sistem yang berbasis web. Sehingga puskesmas dapat memberikan pelayanan dengan cepat dan lebih efektif. Dan akan mempermudah Tenaga Kesehatan dalam mencatat rekam medis pasien. Pengujian eksternal dilakukan untuk menguji aplikasi terhadap pengguna secara langsung. Peneliti menggunakan perhitungan kuesioner dengan skala Likert yang diaplikasikan dalam bentuk angket dan survei, dengan tujuan untuk mengukur pandangan, sikap, dan pendapat pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil kuesioner dengan perhitungan mengunakan metode skala likert diperoleh nilai presentasi sebesar 86,67%, yang artinya Sistem Pelayanan Pasien di Puskesmas Gayam ini sangat baik dan layak untuk digunakan.
17010100 | 17 INI s 100 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain