Electronic Resource
INTEGRASI LITERASI DAN KECAKAPAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTsN 2 SITUBONDO
Fungsi dan tujuan pendidikan nasional dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 3 yang berbunyi:“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.Memperhatikan Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional di atas, pada dasarnya pendidikan di Indonesia merupakan pendidikan berkarakter yang unik sesuai dengan budaya Indonesia, dan sangat sejalan dengan tuntutan kecakapan Abad 21.
Berdasarkanpadapokokpermasalahan di atas, makapenelitianinibertujuanuntukmenganalisis bagaimana penerapanIntegrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam Pembelajaran fikih Kelas VII MTsN 2 Situbondo, untukmenganalisis bagaimanahasilintegrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran fikih Kelas VII MTsN 2 Situbondodanuntukmenganalisis bagaimana kendala integrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran fikih Kelas VII MTsN 2 Situbondo.
Metode yang digunakandalampenelitianiniialahdenganmetodekualitatifdiskriptif.Tehnikpegumpulan data denganinterviu, observasidandokumentasi, sedangkananalisis data menggunakanspatly.
Integrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran fikihkelas VII siswaMTsN 2 Situbondo adalah pembiasaan membaca, pojok baca dan juga menugaskan siswa untuk mengakses dan mengkomunikasikan juga mengkolaborasikan informasi pengetahuan dalam pembelajaran fikih. Hasil integrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran fikih di MTsN 2 Situbondo adalah dapat menumbuhkan dan mengembangkan budi pekerti yang baik, mengembangkan budaya literasi di sekolah dan masyarakat, meningkatkan pengetahuan segala macam informasi meningkatkat pemahaman dari suatu bacaan dan memperkuat nilai kepribadian pengetahuan dan pengamalankan keilmuannya terutama dalam pembelajaran fikih.
Kendala integrasi literasi dan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran fikih adalah fasilitas akses internet yang terbatas, belum ada anggarandaripihakterkait.
20170023 | 20 UMI i 023 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain