Electronic Resource
MEDIA PEMBELAJARAN TUNTUNAN WUDHU’ MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Secara bahasa wudhu’ berarti husnu/keindahan dan nadhofah/kebersihan. Wudhu’ untuk sholat dikatakan sebagai wudhu’ karena ia membersihkan anggota wudhu’ dan memperindahnya. Sedangakan pengertian menurut istilah dalam syari’at, wudhu’ adalah peribaadatan kepada Allah ‘azza wa jalla dengan menggunakan air yang suci dan mensucikan dengan cara tertentu ditempat anggota badan yaitu, wajah, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki. Pengenalan kegiatan keagamaan seperti wudhu’ sejak dini dianggap perlu. Pembelajaran wudhu’ biasanya dilakukan oleh orang tua secara berulang-ulang dan dengan mencontohkannya. Pembelajaran whudu’ harus dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan anak, sehingga anak menjadi terbiasa. Maka dari itu dibutuhkan sebuah teknik pembelajaran yang sesuai agar anak dapat terampil berwudhu’ dengan tertib dan dapat melafalkan do’a wudhu’ dengan baik. Augmented Reality merupakan sistem yang menggabungkan objek virtual dunia maya 2D atau 3D dengan objek nyata. Dengan memberikan input berupa maker, maka output yang dihasilkan berupa tampilan animasi yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara membuat apliasi media pembelajaran tuntunan wudhu’ menggunakan augmented reality berbasis android. Metode yang digunakan dalam pengembangan program ini adalah model waterfall dengan Unifed Modelling Language (UML) sebagai desain system dengan Unity menggunakan Bahasa pemograman C#. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran tuntunan wudhu’ menggunakan augmented reality berbasis android, dimana pengguna dapat melihat animasi gerakan-gerakan wudhu’ serta lafal dan pembacaan niat dan do’a setelah wudhu’.
15014041 | 15 MUH m 041 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain