Electronic Resource
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL JADID TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Rohim, Fadlur. 2018. Penenrapan Model Pembelajaran Tipe Make Adalah Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Tahun Pelajaran 2017/2018, Skrpsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolingo. Pembimbing (I) Drs. H. Wafi M.Pd.I. (II) Jazilurrahman M. Pd. I
Kata Kunci: Penerapan, Minat, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Pendidikan Agama Islam
Kurangnya minat siswa tersebut berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pembelajaran Akidah Akhlak SMP Nurul Jadid adalah 80. Berdasarkan hasil Ulangan pendididkan agama islam siswa tahun ajaran 2017,hanya ada 25,64% siswa yang dapat memperoleh nilai ≥ KKM. Sedangkan 74,36% siswa masih belum dapat mencapai nilai KKM. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa siswa memiliki hasil belajar yang rendah. Dengan demikian, diperlukan rangsangan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajarsiswa.Mengingat betapa pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan harapan setiap orang tua, masyarakat dan membantu terwujudnyantujuan pendidikan nasional, Pendidikan Agama Islam harus diberikan dan dilaksanakan di sekolah dengan sebaik-baiknya.
Kajian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. produk yang menjadi pemecah masalah adalah strategi dan metode pembelajaran yang di tujukan untuk siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model studi kasus. model studi kasus adalah model yang bersifat observasi dan pemaparan data dari objek penelitian.
Hasil penelitian berdasarkan paparan data dan hasil wawancara, metode make a match sangatlah sesuai untuk diterapkan di SMP Nurul Jadid, melihat lokasi SMP Nurul Jadid merupakan bawahan dari yayasan Pondok Pesantren, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan, karena seperti yang peneliti temukan di tempat observasi saat guru menggunakan metode ceramah, kebanyak siswa merasakan jenuh dan memilih untuk tidur, sehingga banyak siswa yang tertidur di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung, beda halnya dengan metode make a match, bisa dipresentasekan bahwa siswa 85% lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode yang lain.
143306153 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain