Electronic Resource
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUI KITAB MINHAJ AL-THALIBIN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIKIH MAHASANTRI SEMESTER 1 DI MA’HAD ALY NURUL JADID TAHUN AJARAN 2017-2018
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh pada proses pembelajaran masa dulu
yang masih relevan diterapkan saat ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana
Implementasi Pembelajaran Melalui Kitab Minhaj at-Thalibin Dalam Rangka Meningkatkan
Prestasi Mahasantri , 2). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam Bagaimana
Implementasi Pembelajaran Melalui Kitab Minhaj at-Thalibin Dalam Rangka Meningkatkan
Prestasi Mahasantri
Kitab Minhaj Al-Thalibin merupakan satu-satunya karya imam nawawi yang sampai
sekarang masih ada dan yang membahas tentang fiqh. Kemerosotan kemampuan para pencari
ilmu dan pendidik khususnya dalam ilmu agama yaitu ilmu fiqh. Maka dari itu, kitab ini sangat
layak di jadikan pedoman dalam menerapkan metode pembelajaran ini.
Berkesesuaian dengan permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, maka
digunakanlah penelitian dengan pendekatan kualitatif melalui desain studi kasus. Di dalamnya,
observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpul data yang
diwujudkan dengan pedoman wawancara, checklist observasi dan checklist dokumentasi sebagai
instrumennya. Data tak cukup dikumpulkan, namun juga dianalisa dan dicek keabsahannya
dengan trianggulasi, dan Analisisnya menggunakan Miles and Huberman.
dalam implementasi pembelajaran Minhaj al-Thalibin ada beberapa langkah yang harus
terpenuhi untuk meningkatkan presatsi mahasantri di antaranya ; (1) Mahasantri wajib mengikuti
KBM setiap hari, (2) Mahasantri harus fokus pada satu fans ilmu, (3) Mahasantri bisa
menyelesaikan target yang sudah di tentukan, (4) Setelah KBM mahasantri harus menyetorkan
materi yang sudah di pelajari, (5) Harus mempunyai kitab syarah atau hasyiyah minhaj atthalibin. Adapun prestasi mahasantri ; (1) Dengan mengikuti pelaksanaan wisuda ma’had aly
setiap tahun, (2) Mampu menjuarai lomba MQK di berbagai event baik tingkat kabupaten atau
provensi. Adapun faktor pendukung: (1) Faktor Lembaga (2) Faktor Keluarga (3), Lingkungan
yang mendukung; Adapun faktor penghambatnya: (1) Kurangnya Waktu Belajar, (2) Kurangnya
tenga pengajar
143306171 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain