Electronic Resource
STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP RAUDLATUL JANNAH GENDING PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Pendidikan dapat menjadi tolak ukur bagi kemajuan dan kualitas kehidupan suatu bangsa, sehingga dapat dikatakan bahwa kemajuan suatu bangsa atau negara dapat dicapai dengan salah satunya melalui pembaharuan serta penataan pendidikan yang baik. Dengan demikian keberadaan pendidikan bisa beradaptasi selaras dengan perkembangan zaman sehingga mampu menaikkan harkat, martabat manusia.
Peneliti memfokuskan penelitian pada dua rumusan masalah, yaitu: Pertama Bagaimana strategi pengembangan PAI yang diterapkan di SMP Raudlatul Jannah Gending dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kedua Apa faktor pendukung dan penghambat proses penerapan strategi pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Raudlatul Jannah Gending.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada dilapangan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini digolongkan kedalam jenis penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan menganalisis fenomena atau peristiwa. Dalam menganalisis data peneliti menganalisis dengan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu display data, reduksi data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah Strategi Pengembangan PAI dalam Meninngkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Raudlatul Jannah Gending dapat dilakukan dengan cara Strategi pembiasaan, Strategi pendampingan, Pemenuhan alat peraga pembelajaran, Metode pembelajaran variatif, dan menggunakan /memanfaat media pembelajaran,. Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan strategi pengembangan PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Raudlatul Jannah Gending dapat dilakukan sebagai berikut: a. Faktor Pendukung proses penerapan strategi pengembangan PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Raudlatul Jannah Gending dinataranya; Penggunaaan metode pembelajaran, Penyedian media pembelajaran, Penyedian sarana dan prasaran belajar, dan. Pemberian reward kepada siswa. b.Faktor penghambat proses penerapan strategi pengembangan PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di g di antaranya; Model pembelajaran menoton, Kurang memberikan perhatian kepada siswa, Media dan sumber belajar tidak memadai, Waktu terbatas, dan Tidak memberikan reward kepada siswa.
133306047 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain