Electronic Resource
PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PADA BIMBINGAN KONSELING DI SMP TARUNA Dra. ZULAEHA BERBASIS WEB DAN BOT TELEGRAM
ABSTRAK
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat menjadikan komputer hal yang tidak dapat dipisahkan dari berbagai lembaga pendidikan. Setiap lembaga pendidikan membutuhkan sistem informasi yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta meningkatkan keefektifan dan keefisienan suatu lembaga pendidikan. Lembaga yang baik adalah lembaga yang mampu menyampaikan informasi dengan cepat, tepat dan akurat agar dapat berjalan dan berkembang serta bersaing secara kompetitif dengan lembaga pendidikan lain. Salah satu contohnya adalah Sekolah Menengah Pertama Swasta Taruna Dra. Zulaeha merupakan sebuah instansi yang bergerak dalam bidang Pendidikan. Tiap Sekolah memiliki kebijakan sendiri dalam menentukan tingkat kedisiplinan Siswa. Sekolah SMP Taruna DZ masih menggunakan sistem perhitungan point pelanggaran dan menentukan sanksi pelanggaran yang masih manual yaitu dengan mencatat seluruh kejadian atau masalah siswa ke dalam buku. Sistem pendukung keputusan yang disaranakan guru bimbingan konseling adalah sistem yang memungkinkan untuk mempermudah mengevaluasi tingkat kedisiplinan siswa dan sanksi pelangggaran secara efektif dan efisien .Sistem ini membutuhkan suatu aplikasi yang meringankan tugas guru bimbingan konseling membantu dalam mengelola data skorsing siswa yang dapat diakses secara online dan dapat memudahkan guru bimbingan konseling untuk memantau kegiatan siswa serta siswa juga dapat mengetahui jumlah point pelanggaran dan sanksi tindakan yang didapat selama belajar di SMP Taruna DZ, sehingga siswa dapat memperbaiki tingkah laku dan meningkatkan tingkat kedisiplinan. Guna untuk mengatasi permasalahan di atas maka pada penelitian ini diusulkan sistem informasi yang terintegrasi dengan bot telegram.Dengan adanya penelitian ini diharapkan proses penginformasian lebih mudah, cepat dan akurat.
17010292 | 17 KUR p 292 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain