Electronic Resource
MENEJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI LPBA (LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING) NURUL JADID
ABSTRAK
Purnamasari, Putri Wulan, 2018. Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing) Nurul Jadid. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: (1) Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd (2) Mualim Wijaya, M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Motivasi Belajar
Beragam permasalahan yang muncul saat kegiatan belajar mengajar, menjadikan suasana belajar mengajar kurang kondusif, sehingga menurunkan motivasi belajar peserta didik. Banyak faktor yang memicu permasalahan tersebut antara lain peserta didik yang jarang mengikuti kegiatan belajar mengajar, kurangnya minat belajar, peserta didik yang kurang disiplin, dan metode pembelajarn yang monoton. Diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya melalui menejemen peserta didik meliputi perencanaan (planing), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan atau penerapan (actuating), pengawasan (controlling), dan evaluasi (evaluating).
Penelitian ini, bertujuan: (1) untuk mengetahui menejemen peserta didik di LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing) Nurul Jadid; serta (2) untuk mengetahui motivasi belajar di LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing) Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan yag bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diantaranya adalah direktur lembaga, waka kesiswaan, waka kurikulum, guru dan juga murid. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian diantaranya adalah direktur lembaga, waka kurikulum, waka kesiswaan, kepanitian, guru dan peserta didik.
Hasil penenlitian ini menunjukkan bahwa direktur, waka kurikulum, waka kesiswaan, kepanitian dan guru LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing) Nurul Jadid telah menerapkan menejemen peserta didik seperti penerapan (actuating), pengawasan (controlling), dan evaluasi (evaluating), meliputi: (1) seleksi awal dalam penerimaan peserta didik baru; (2) melakukan pergantian kepengurusan dan evaluasi dari kepengurusan sebelumnya; (3) dalam pelaksanaannya, LPBA selain melakukan penyeleksian terhadap peserta didik juga melakukan penyeleksian terhadap staf pengajar agar menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki berkepribadian yang baik; (4) pengawasan kepada para staf pengajar dan pengurus dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya, serta kualitas kelulusan peserta didik; (5) melakukan evaluasi terhadap tenaga pengajar mengenai: kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil belajar peserta didik, keikut sertaan peserta didik dalam lomba-lomba internal maupun eksternal. Dengan telah diterapkannya manajemen peserta didik, memunculkan ketertarikan peserta didik yang lain untuk masuk di LPBA. Hal ini dikarenakan, LPBA mencetak mutu lulusan yang berkualitas tidak hanya untuk sesaat melainkan berguna bagi masa depan peserta didik tersebut.
143506341 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain