Electronic Resource
IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN SATU ATAP TERHADAP EFEKTIVITAS PENERIMAAN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Implementasi Pelayanan Satu Atap Terhadap Penerimaan Santri Baru Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018
ABSTRAK
Jamilah, Nurul. 2018. Implementasi Sistem Pelayanan Baru Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing: 1. Achmad Fawaid, M.A, M.A. 2. Nurul Huda M, Fil.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan satu atap, Penerimaan santri baru
Penerimaan santri baru melakukan revolusi sistem dari penerimaan yang dilakukan pada masing-masing wilayah dan sekolah secara terpisah menjadi terpadu dalam satu tempat dan waktu yang sama, hal tersebut untuk meningkatkan mutu pelayanan dan mempermudah santri yang mendaftar. Penerimaan santri baru sistem pelayanan satu atap melalui proses melakukan daftar ulang pada panitia PSB dengan melengkapi administrasi untuk pesantren dan wilayah, melengkapi administrasi lembaga, menuju wilayah untuk mengisi data kamar, sowan pada pengasuh untuk meminta tanda tangan dan mendatangi kantor pesantren.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: Pertama, Bagaimana pelaksanaan pelayanan satu atap penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Kedua, Bagaimana efektivitas pelayanan satu atap penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Kajian teori dalam penelitian ini meliputi: Sistem Pelayanan Satu Atap Pada Penerimaan Santri Baru.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumplan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas sistem pelayanan satu atap penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo sudah efektif. Namun, masih perlu meningkatkan mutu pelayanan dengan mengantisipasi hambatan-hambatan yang terjadi pada tahun 2017. Dengan demikian penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan implementasi sistem pelayanan satu atap telah memenuhi faktor pengukur efektivitas yaitu faktor waktu, faktor ketelitian dan faktor gaya.
143506340 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain