Electronic Resource
PENGARUH PENGGUNAAN ICE BREAKING” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP INSAN TERPADU TAHUN AJARAN 2017-2018
Dalam sebuah proses pembelajaran, penggunaan strategi sangatlah penting. Strategi akan menentukan sebuah metode yang dapat memicu konsentrasi belajar peserta didik. Pada hakikatnya, metode saja belum cukup untuk menumbuh kembangkan motivasi belajar peserta didik. Perlunya sebuah aktivitas selingan yang dapat menghilangkan kejenuhan peserta didik. Hal tersebut dikenal dengan istilah Ice Breaking. Namun, tidak sedikit Guru yang masih belum menerapkan Ice Breaking tersebut sehingga kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Dari penjelasan tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang “Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Insan Terpadu”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VII dalam mata Pelajaran PAI kelas VII di SMP Insan Terpadu, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VII dalam mata Pelajaran PAI di SMP Insan Terpadu.
Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode angket, setelah data dikumpulkan, maka dilakukan analisis Uji Tanda (Sign Test) dengan menggunakan aplikasi SPSS.16.0 for windows.
Berdasarkan analisis yang dilakukan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata Pelajaran PAI di SMP Insan Terpadu, hal ini dibuktikan dengan nilai hitung lebih kecil dari nilai kritik (0.002 < 0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Besaran pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata Pelajaran PAI di SMP Insan Terpadu berdasarkan analisis SPSS. 16, didapat nilai Exact Sig. 0.002 yang dinyatakan signifikan serta besaran pengaruhnya sebesar 67%.
143306289 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain