Electronic Resource
PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA STUDI KASUS DESA LIPRAK WETAN BANYUANYAR PROBOLINGGO
Semua orang tua menginginkan anak yang sholeh dan sholehah. Oleh sebab itu pendidikan Islam merupakan pendidikan yang wajib di terapkan dalam keluarga karena yang menentukan kepribadian anak dimulai dari orang tuanya. Pada realitasnya orang tua harus memperdulikan pendidikan anak terutama pendidikan Islam, sebab sekarang pendidikan Islam sudah disepelekan. Berangkat dari masalah tersebut, Peneliti mengambil judul “Penerapan Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Keluarga (study kasus Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo)”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1. Penerapan Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Keluarga di Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo,2. Faktor penghambat dan pendukung Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Keluarga di Desa Liprak Wetan Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolingo,3. Upaya yang dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi kendala dalam penerapan Pendidikan Islam di Lingkungan Keluarga.
Metode dalam Penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan mencari, mengamati dan mengolah data dari lapangan yang analisis datanya menggunakan teori dari Miles dan Huberman dengan 3 komponen reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan untuk memeriksa keabsahan data menggunakan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamat dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. penerapan pendidikan Islam dalam keluarga muslim di Desa Liprak Wetan Banyuanyar Probolingo ialah: orang tua yang memperhatikan pendidikan Islam anak, memasukannya di TPQ dan Madrasah serta orang tua yang sering mengikuti kegiatan keagamaan dan membaca buku tentang agama. 2. Faktor yang menghambat penerapan pendidikan Islam: kesibukan orang tua, minimnya pengetahuan orang tua, lingkungan dan media massa. Sedangkan faktor pendukung ialah; memberikan perhatian kepada anak, menjalin hubungan keluarga yang harmonis, lingkungan masyarakat yang agamis, kesadaran orang tua tentang pendidikan. 3. Upaya yang dilakukan orang tua dengan memasukkan anak ke TPQ, Madrasah dan Mesjid juga meluangkan waktu serta perhatian kepada anak.
143306262 | 14 USW p 262 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain