Electronic Resource
IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA (STUDI KASUS DI MTs.AZZAINIYAH I RANDUMERAK PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018)
Penelitian ini menyajikan tentang implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Penerapan reward dan punishment ini memberikan penekanan dan merangsang siswa untuk patuh terhadap tata tertib sekolah. Dengan begitu ada rasa kesadaran dalam diri siswa untuk berlaku disiplin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan deskriftif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi
reward dan punishment untuk meningkatkan karakter disiplin siswa di MTs. Az-Zainiyah 1 Randumerak. 3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam implementasi
reward dan punishment untuk meningkatkan karakter disiplin siswa di MTs. Az-Zainiyah 1 Randumerak.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: 1) Penerapan reward dan
punishment di MTs. Az-Zainiyah I yang dilaksanakan oleh dewan guru berjalan dengan baik. Ditandai dengan adanya : a) Siswa lebih disiplin, b) Pengembangan potensi siswa untuk meningkatkan prestasi berjalan lebih baik, dan c) Memberikan pelajaran kepada siswa untuk lebih tanggung jawab terhadap tata tertib, dan d) siswa menjadi antusias untuk tidak datang terlambat. 2) Faktor pendukung dari implementasi reward dan punishment dalam meningkatkan disiplin siswa di MTs. Az-Zainiyah 1 Randumerak ialah a) Adanya sarana dan prasarana yang mendukung, b) Faktor adanya dukungan dari para guru, dan dukungan dari wali anak didik, dan c) Kesadaran siswa dan faktor penghambatnya adalah a) Adanya faktor keluarga dan lingkungan yang kurang peduli terhadap disiplin, b) Jiwa peserta didik yang malas, c) Jarak rumah siswa dengan lembaga, d) Pihak sekolah yang kurang pengawasan.
143306253 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain