Electronic Resource
VISUALISASI PEMBELAJARAN KEAKSARAAN DASAR MENGGUNAKAN METODE BACA DELILA UNTUK BUTA HURUF DAN AKSARA DI SDN PETUNJUNGAN 1 BERBASIS MULTIMEDIA
Berdasarkan data Kemendikbud, Pada tahun 2012 jumlah penyandang buta aksara di Indonesia masih tergolong tinggi yaitu sekitar 6,7 juta orang. Sistem pembelajaran di SDN Petunjungan 1 saat ini dalam penyampaian materi pelajaran khususnya pengenalan alphabet masih menggunakan cara yang manual. Pembelajaran bersifat manual dirasa kurang efisien karena peserta didik yang umumnya sudah lansia merasa kesulitan dalam menyerap dan mempraktekkan penjelasan dari pendidik saat di jelaskan. Salah satu metode pembelajaran yang di tawarkan untuk pendidikan keaksaraan adalah metode Baca Delila. Baca Delila merupakan akronim dari bangkitan motifasinya, cantolkan, dan fasilitasi gaya belajar aural (dengar), visual (lihat), dan kinestetik (lakukan). Dalam penelitian ini metode pengembangan sistemnya menggunakan model waterfall, Sehingga terciptalah visualisasi pembelajaran keaksaraan dasar menggunakan metode Baca Delila untuk buta huruf dan aksara di SDN Petunjungan 1 berbasis multimedia. Media pembelajaran ini dibangun sebagai salah satu alat bantu pendidik dalam pembelajaran pengenalan alphabet terhadap peserta didik, selain harus memenuhi standart kompetensi juga harus mampu menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik merasa termotifasi untuk belajar keaksaraan dasar.
12012645 v | AHM 645 v | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain