Electronic Resource
APLKASI MOBILE LEARNING UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (KETERBATASAN PENDENGARAN) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) BERBASIS ANDROID
Anak berkebutuhan khusus merupakan istilah lain yang biasa disebutkan bagi mereka
yang memiliki keterbatasan fisik, sehingga menyebabkan mereka membutuhkan sesuatu untuk
dapat menjalani kehidupannya layaknya orang dalam kondisi normal. Keterbatasan
pendengaran merupakan salah satu kondisi, dimana indra pendengaran manusia tidak dapat
berfungsi dengan baik atau layak, sehingga mengalami kesulitan dalam proses belajar.
Aplikasi mobile learning untuk ABK Tunarungu bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi
mobile interaktif visual dengan menggunakan metode neuro linguistic programming, dalam hal ini
metode tersebut merupakan salah satu cara yang membuat seseorang dapat mampu memetakan
semua proses yang terjadi di dalam otaknya(didasarkan pada pengalaman-pengalamannya) dengan
memprogram fungsi neuro-nya(otaknya) dengan menggunakan bahasa(linguis) untuk pembelajaran
kata dan juga pengetahuan yang dapat menambah wawasan ABK Tunarungu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan- mencakup kajian
terhadap penelitian sejenis dan studi terhadap literatur yang mendukung, proses observasi
(pengamatan) terhadap komunikasi pembelajaran yang dilakukan ABK Tunarungu. Selain itu juga
dilakukan wawancara yang intensif dan terstruktur dengan pihak yang berwenang/calon user untuk
merumuskan kebutuhan-kebutuhan aplikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah prototipe aplikasi yang telah diujicobakan kepada calon user
dan telah memenuhi standar berdasarkan analisis kebutuhan yang dirumuskan.
11012312s | 11 SIT a 312 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain