Electronic Resource
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH
Pada sekolah Madrasah tsanawiyah atau setara dengan sekolah menengah
pertama, sering terajadi permasalahan disekolah, diantaranya adalah pada saat
erjadiya proses kegiatan belajar menagajar yang sedang berlangsung. Dimana sebuah
metode pengajaran atau cara menyampaikan ilmu secara tepat kepada siswa akan
sangat berpengaruh kepada keaktifan dan nilai akhir siswa. Dalam hal ini peneliti
menemukan salah satu cara, diantaranya adalah dengan media pembelajaran. Dimana
media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk
memudahkan proses belajar mengajar pada lembaga-lembaga pendidikan. Saat ini
elah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang memanfaatkan teknologi sebagai
media pembelajaran, misalnya saja, penggunaan grafik, film, slide, foto, serta
pembelajaran dengan menggunakan komputer lainnya yang mana hal tersebut dirasa
mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima suatu pelajaran. Salah satu
bentuk media pembelajaran yang berbasis multimedia yaitu dengan menggunakan
Macromedia Flash. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu
aplikasi media pembelajaran guna mempermudah dan mengefektifkan proses belajar
mengajar siswa dengan program Macromedia Flash, serta merangsang minat belajar
siswa terhadap pelajaran bahasa arab sejak kelas VII. Kegiatan penelitian ini
dilakukan di MTs Tarbiyatul Islamiyah, Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton. Secara
garis besar metode penelitian dibedakan menjadi dua macam penelitian, yaitu
penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian ini, pendekatan yang digunakan
adalah penelitian kualitatif, pada jenis pendekatannya menggunakan penelitian
pengembangan dan teknik penelitian waterfall analytical system. Karakteristik
subjek penelitian adalah guru pengajar mata pelajaran bahasa Arab di sekolah MTs
Tarbiyatul Islamiyah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap,
antara lain Observasi, Wawancara, dan Kebutuhan Perangkat Keras dan Perangkat
Lunak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan
wawancara yang dilakukan dengan guru di MTs Tarbiyatul Islamiyah maka
ditemukan perbedaan yang mendasar pada sistem pembelajaran yang lama dengan
yang baru. Adapun interpretasi skor hasil pengamatan yang diperoleh dari angket
yang disebarkan pada 21 siswa (responden) adalah sebesar 88,09% (Sangat Kuat).
Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian tersebut antara lain telah dihasilkan
sistem berupa aplikasi media pembelajaran bahasa Arab dengan metode ceramah
menggunakan macromedia flash di MTs Tarbiyatul Islamiyah; aplikasi berbasis
multimedia ini dapat lebih membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa;
dan adanya media pembelajaran ini para siswa lebih semangat untuk belajar karena
dilengkapi dengan animasi.
10011636 | 10 ROJ a 636 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain