Electronic Resource
PENGUATAN RECEPTIVE SKILLS SANTRI MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI PONDOK PESANTREN
Abstrak
Penelitian ini menyajikan tentang penguatan receptive skillsssantri melalui
pendekatan mastery learning dalam pembelajaran al-qur’an di pondok
pesantren. Receptive skills sebagai kompetensi yang harus dimiliki oleh santri
terkait dengan keterampilan mendengarkan dan membaca al-Qur’an harus
dimiliki oleh setiap individu santri. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan
mastery learning dalam mewujudkan skill peserta didik tersebut. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun
situs penelitian ini adalah Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton,
Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan
mastery learning dalam menguatkan receptive skills santri pada pembelajaran
al-Qur’an di pondok pesantren Nurul Jadid, dilakukan melalui beberapa
tahapan pembelajaran yang dilakukan melalui empat tahapan; yaitu; (1)
orientation, (2) aperseption, (3) presentation, dan (4) evaluation. Berdasarkan
penelitian ini, didapatkan sebuah jawaban bahwa pendekatan mastery
learning mampu menguatkan receptive skills santri dalam kaitannya dengan
membaca al-Qur’an dengan fashih dan benar, pemahaman terhadap kaidahkaidah tajwid, dan lebih utama lagi santri mampu melanjutkan pada level selanjutnya
1530304657 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain