Electronic Resource
MODEL PENGELOLAAN KELAS DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
Pelaksanaan pendidikan yang terjadi di dalam kelas oleh guru haruslah efektif dan efisien agar proses belajar mengajar menjadi sebuah proses yang menyenangkan. Untuk dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan, Keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang baik, tidak terlepas peran guru tersebut mengelola pembelajaran dikelas sehingga para siswa dapat tumbuh semangat belajar yang tinggi dengan harapan tujuan belajar yang diharapkan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMP Nurul Jadid). dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi pengelolaan kelas dalam peningkatan motivasi belajar siswa, 2) Apa problematika yang dihadapi oleh guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan motivasi belajar, 3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problem pengelolaan kelas dalam peningkatan motivasi belajar siswa.
Pengelolaan kelas merupakan upaya dalam mendayagunakan potensi kelas. Karena kelas mempunyai peranan dan fungsi tertentu dalam menunjang keberhasilan proses interaksi edukatif. Kelas harus dikelola sebaik-baiknya oleh guru. Pentingnya pengelolaan kelas karena dalam pembelajaran harus tercipta iklim yang baik sehingga dalam suasana belajar terhindar dari masalah-masalah yang timbul.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, dan fokus studinya pada Model Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMP Nurul Jadid). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik 1) Wawancara dengan mencari informasi 2) Observasi, atau pengamatan dan 3) Dokumentasi sebagai bukti adanya penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1). Implementasi pengelolaan kelas dalam peningkatan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut: Pembelajaran diupayakan student center, Guru hanya sebagai fasilitator, pembelajaran dengan stimulus-respon dan reinforcement, pembelajaran dengan cerita dan kuis, 2). Problematika yang dihadapi guru dalam pengelolaan kelas guna meningkatkan motivasi belajar siswa adalah: Seringnya siswa tidur, rendahnya motivasi belajar siswa, tidak linieritas ijazah guru, guru tidak mampu membaca karakter belajar siswa. 2). Upaya Guru di SMP Nurul Jadid dalam mengatasi problem pengelolaan kelas dalam peningkatan motivasi belajar siswa adalah: Memberikan motivasi kepada siswa, Pembelajaran yang variatif, Pemanfaatan media pembelajaran.
20150008 | 20 AHM m 008 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain