Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH DINIYAH SABILUL HASAN GENGGONG TAHUNPELAJARAN 2019/2020

Muhammad Guluh - Nama Orang;

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai tanggung jawab besar dan tugas yang strategis dalam mendidik siswa. Salah satu yang mendukung keberhasilan dalam pembelajaran terhadap siswa adalah dengan penerapan metode pembelajaran. Metode diskusi adalah salah satu metode pembelajaran pendekatan berpikir dan berbasis masalah yang dalam penerapanya diawali dengan pembahasan permasalahan-permasalahan. Motede Diskusi dalam aspek pembelajaran mempunyai kemiripan dengan Problem Based Learning (PBL) dalam langkah- langkahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III di Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong Probolinggo dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (2) tingkat peningkatan hasil belajar santri pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (3) tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan (Nonequivalen Control Grup Design). Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang menggunakan semua sampel dengan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Sedangkan analisis data meliputi (1) analisis tahap awal meliputi uji validitas, reliabilitas, perhitungan indeks gain. (2) tahap akhir meliputi uji Paired Sampel t tes (uji t) dan uji Man Withney Wilcoxon (U tes).
Hasil penelitian ditemukan menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (2) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (3) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).



Ketersediaan
2016001320 MUH p 013Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
20 MUH p 013
Penerbit
: ., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
i: Metode Diskusi, Fiqih, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Santri
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik