Electronic Resource
PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SANTRI MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III MADRASAH DINIYAH SABILUL HASAN GENGGONG TAHUNPELAJARAN 2019/2020
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai tanggung jawab besar dan tugas yang strategis dalam mendidik siswa. Salah satu yang mendukung keberhasilan dalam pembelajaran terhadap siswa adalah dengan penerapan metode pembelajaran. Metode diskusi adalah salah satu metode pembelajaran pendekatan berpikir dan berbasis masalah yang dalam penerapanya diawali dengan pembahasan permasalahan-permasalahan. Motede Diskusi dalam aspek pembelajaran mempunyai kemiripan dengan Problem Based Learning (PBL) dalam langkah- langkahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III di Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong Probolinggo dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (2) tingkat peningkatan hasil belajar santri pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (3) tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan (Nonequivalen Control Grup Design). Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang menggunakan semua sampel dengan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Sedangkan analisis data meliputi (1) analisis tahap awal meliputi uji validitas, reliabilitas, perhitungan indeks gain. (2) tahap akhir meliputi uji Paired Sampel t tes (uji t) dan uji Man Withney Wilcoxon (U tes).
Hasil penelitian ditemukan menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (2) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). (3) Terdapat pengaruh yang lebih baik tingkat motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih semester ganjil kelas III Madrasah Diniyah Sabilul Hasan Genggong dengan penerapan metode diskusi dibandingkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah).
20160013 | 20 MUH p 013 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain